Kado Dari Kota Nabi

Oleh: Hasan Husen Assagaf

♣ Silsilah 25 Nabi Dan Rasul

Silsilah 25 Nabi Dan Rasul

Allah mengutus para nabi dan rasul untuk menyampaikan risalah serta menyebarkan ajaran Islam ke muka bumi.

RASUL

Rasul adalah seorang laki laki merdeka yang menerima risalah atau wahyu dari Allah dan ia juga diperintahkan baginya untuk menyampaikannya kepada kaumnya.  Jadi boleh dikatakan juga bahwa setiap rasul pasti nabi tapi tidak semua nabi itu adalah rasul.

يَـأَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ مَآ أُنزِلَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ وَإِن لَّمْ تَفْعَلْ فَمَا بَلَّغْتَ رِسَالَتَهُ

Allah berfirman ”Hai Rasul, sampaikanlah apa yang di turunkan kepadamu dari Tuhanmu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-Nya.” (al-Maidah: 67)

NABI

Nabi adalah seorang laki laki merdeka yang diturunkan kepadanya risalah atau wahyu dari Allah untuk diamalkan, namun tidak diperintahkan baginya untuk menyampaikannya kepada kaumnya.

Kenabian lebih umum karena semua rasul adalah nabi tetapi tidak semua nabi adalah rasul. Jadi orang yang bukan nabi berarti bukan rasul, dengan kata lain, untuk bisa menjadi rasul dia harus menjadi nabi. Rasul diutus untuk membawa risalah kepada manusia, untuk membawa syariat Allah dan agama yang harus disampaikan lagi kepada manusia, sedangkan Nabi saw diutus dengan dakwah dan syariat namun tidak diperintahkan untuk menyampaikanya kepada manusia.

Kenabian adalah pemberian Allah semata. Tidak semua orang bisa menjadi nabi atau julukan nabi. Kenabian tidak bisa diraih dengan cara mendekatkan diri kepada Allah. Manusia tidak mungkin mendapatkan gelar nabi dengan usaha, karena ia bukan gelar yang mungkin diraih dengan jerih payah. Kenabian adalah derajat tinggi dan kedudukan mulia yang Allah berikan kepada orang yang Dia kehendaki. Orang yang dikehendaki sebagai nabi itu telah disiapkan oleh Allah sedemikian rupa untuk memikul kenabian tersebut. Tentu sebelum jadi nabi, Allah menjaganya dari perbuatan yang buruk dan melindunginya dari segala maksiat serta menganugerahkan kepadanya akhlak yang luhur.

Jelasnya, bahwa kenabian tidak diperoleh dengan usaha tertentu, namun kenabian itu anugrah dari Allah diberikan kepada hamba-Nya yang terpilih dan tertentu. Kenabian bukan diberikan kepada orang yang mengharapkan dan memohon menjadi nabi.

Dan kita sebagai muslim, diwajibkan meyakini bahwa Allah mengutus para rasul untuk masing-masing umat yang menyeru mereka kepada tauhid. Beriman kepada seluruh rasul dan nabi adalah wajib dan merupakan rukun iman tanpa membedakan beriman kepada sebagian dan kufur kepada sebagian yang lain sebab hal tersebut sama dengan tidak beriman kepada semuanya. ”(Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul rasul-Nya”,” (Al-Baqarah, 285).

JUMLAH PARA NABI DAN RASUL

Wajib bagi setiap muslim mengetahui bilangan para nabi dan rasul yang telah disebut dalam al-Qur’an sebanyak 25 dan wajib meyakininya secara keseluruhan bahwa Allah telah mengutus mereka sebagai nabi dan rasul yang dimulai dari nabi Adam as dan diakhiri oleh nabi Muhammad saw.

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلاً مِّن قَبْلِكَ مِنْهُم مَّن قَصَصْنَا عَلَيْكَ وَمِنْهُمْ مَّن لَّمْ نَقْصُصْ عَلَيْكَ

“Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, diantara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan diantara mereka ada yang tidak Kami ceritakan kepadamu” (al-Ghafir, 78).

Bilangan para rasul sangat banyak, sebagian ulama mengatakan hingga mencapai 315 rasul. Sedangkan bilangan para nabi mencapai 124.000. Di antara mereka ada yang wajib diketahui dan ada yang tidak wajib. Nabi dan rasul Allah yang wajib diketahui berjumlah 25, yakni mereka yang disebutkan di dalam al-Qur’an dengan perincian sebagai berikut: Adam, Idris, Nuh, Hud, Salih, Ibrahim, Lut, Ismail, Ishaq, Ya’qub, Yusuf, Ayyub, Syuaib, Musa, Harun, Dhul Kifli, Daud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa’, Yunus, Zakariya, Yahya, ’Isa, Muhammad

Inilah jumlah nama dan urutan nabi dan rasul Allah yang wajib ketahui. Dimulai dari Nabi Adam as sebagai pembuka para nabi, dan diakhiri Nabi Muhammad saw, nabi dan rasul Allah saw yang terakhir.

Penegasan bahwa Nabi Muhammad saw adalah nabi dan rasul Allah yang terakhir telah banyak ditegaskan Allah dalam al-Qur’an dan dan ditegaskan pula oleh Rasul-Nya di dalam al-hadits. Jadi kalau ada orang mengaku sebagai nabi setelah beliau, pasti dengan tegas umat Islam akan menolak keberadaanya dan tidak mempercayainya, karena Nabi Muhammad saw adalah akhir dan penutup para nabi. Keyakinan bahwa Rasulallah saw adalah nabi terakhir begitu kuat tertanam di dada para sahabat beliau, sehingga ketika ada yang mengaku sebagai nabi, pasti dengan tegas mereka menolaknya dan sekaligus menyatakan perang kepada mereka

About these ads

Februari 25, 2012 - Posted by | Silsilah 25 Nabi dan Rasul | , , , , , , , , , ,

88 Komentar »

  1. Wah hebat banget pak…… Tap kalo bleh usul ditambah terus informasinya biar kita sebagai generasi muslim tidak ketinggalan informasi tentang sejarah Islam sejak zaman permulaan hingga sekarang. Syukron …
    E-mail : elheds@yahoo.com

    Komentar oleh Muhammad Tauhid | Juli 21, 2008 | Balas

  2. subhanallah, sy s/d tersedu-sedu dalam berintrospeksi diri bahwa ternyata sy jauh dr profil istri shalikhah spt yang dicontohkan dalam hidup nabi Muhammad saw. dalam menangis sy bertanya akankah dosa sy yang sepenuh jagad raya akan terampuni oleh Allah dan berhakkah sy mendapat syafa’at Nabi Muhammad saw ?

    Komentar oleh indah werdiningsih | Agustus 14, 2008 | Balas

  3. NE SMUA BETUL YAH?

    Komentar oleh arijani | Agustus 18, 2008 | Balas

  4. Apakah benar Isa ibn Maryam ibn “Heli”?
    Menurul Al-Qur’an surah Ali’ Imaran ayat 36 yang artinya :
    “Maka tatkala isteri ‘Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: “Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk.”
    Atau apakah nama lain untuk Ali Imran adalah “Heli”?

    Komentar oleh jibe000 | Oktober 24, 2008 | Balas

  5. unt silsilah 25 nabi dan rasul, ada baiknya kita sedikit berhati-hati… hal ini dikarenakan sumbernya kebanyakan dari kitab perjanjian lama dan bukan dari Quran atau Hadist yg shahih. Apalagi akhir2 ini ditemukan fosil kehidupan manusia modern, yg umurnya di atas ratusan ribu tahun (dan kl kt berpatokan pd silsilah dr kitab perjanjian lama/baru, jaraknya antara Nabi Isa dgn Nabi Adam tdk selama itu). Dengan dmkn, dr segi ilmiah, silsilah tersebut jg agak diragukan.

    Komentar oleh pHang5 | November 1, 2008 | Balas

    • dalam pernyataan Allah dalam Q.S. Al-Baqarah : 30, bahwa Allah akan menjadikan Adam a.s. sebagai khalifah (pengganti) pertama, bukan manusia, mungkin bisa ditelusuri lagi..

      Komentar oleh amru | Januari 26, 2011 | Balas

      • Betul pernyataan anda, Nabi Adam adalah Kholifah Manusia yang pertama, Nah sebelum Nabi Adam sudah pernah diciptakan Alloh “machluk lain”, cuman kita gak tau macam apa…makanya saat penciptaan Nabi Adam, malaikat bertanya ” Ya Alloh…mengapa Engkau akan menciptakan Manusia, tidakkah mereka nanti akan saling berbunuhan lagi dan sebagaian tidak menyembah-Mu seperti kami menyembah-Mu ini ? Akan tetapi Alloh tetap menciptakan Adam sebagai manusia pertama…dan ternyata Adam juga tergoda setan, sehingga diturunkan ke Bumi ( India, menurut cerita )seangkan Siti Hawa di Benua lain, ketemunya Di Bukit Jabal Rahmah Mekah;
        Saya pernah baca ini cuman lupa… kayaknya dari Hadis..ntar kalau ketemu lagi tak poskan ke Anda, Tks, Wass

        Komentar oleh Mbah Langgeng | Januari 28, 2011

      • kalau berdasarkan Alquran surah annisaa` ayat satu, manusia diciptakan dari satu jiwa lalu diciptakan lagi pasangannya; ditafsirkan sebagai Adam dan Hawa.. tampaknya akan menarik bila dikaji lebih jauh.

        Komentar oleh abdurrahim SA | September 4, 2011

  6. kalo boleh tau ini sumbernya dari mana ?

    Komentar oleh G_vin | Desember 22, 2008 | Balas

  7. LUAR BIASA

    Komentar oleh vanya alicia | Desember 23, 2008 | Balas

  8. Wah Huebat. Subhanalloh. Ini benar-benar ilmu.
    Syukron katsiro.

    Komentar oleh Imron | Desember 28, 2008 | Balas

  9. bagus lengkap sekali bukunya ?

    Komentar oleh HAPIZO DESMAKA LINDA | Februari 26, 2009 | Balas

  10. wah bagus banget ini blog kalu ada informasi tolong beri tahu lewat email saya utuk nambah pengetahuan dan sering

    Komentar oleh ima | April 24, 2009 | Balas

  11. SALUT DAN CERDAS SEMOGA KITA SEMUA LEBIH MEMAHAMI KEBERADAAN PARA NABI DAN RASUL ALLAH

    Komentar oleh NENY ASPIRIN THAMRIN | Mei 17, 2009 | Balas

  12. Yang pasti kebenarannya hanyalah yang nama-namanya disebut dalam Al Quran, dan perjalanan hidup mereka sebagaimana yang dikisahkan Al Quran itulah yang harus dijadikan rujukan/referensi bagi setiap Muslim (Al Baqoroh : 136,137, Ali Imron :84). Adapun nama-nama lainnya, itu hanya berderajat “dhonnu” (dugaan), yang tidak bisa dipegang sebagai kebenaran (Yunus :36). Masa lampau adalah hal yang gaib, dan tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah (An Naml:65), itu adalah Ummat masa lalu yang telah berlalu. Allah tidak akan mempertanyakan ihwal Ummat masa lalu (Al Baqoroh : 134,141)

    Komentar oleh Abdul Halim | Juni 6, 2009 | Balas

    • Sepakat ya Akhi, yang pasti dan meyakinkana adalah kisah2 yang ada dalam Al-Quran. Kisah Nabi Ibrahim, Ismail, Musa&Harun, Iskhak&Zakaria, Syuaib, Yunus, Yusuf dll.

      Komentar oleh ilham | Oktober 8, 2009 | Balas

  13. Sislsilah yg ditayangkan, ada kesamaan dengan Ceritra Alkitab Perjanjian Lama, disitu jelas bahwa Islam dari keturunan Ismail, dan Kristen dari keturunan Ishak, keduanya anak Ibrahim, tapi apakah Islam sependapat cerita Alkitab bahwa Ismail anak Ibrahim lahir dari hambanya bernama Hagar, sedang Ishak anak Ibrahim dari istrinya Sarai.

    Komentar oleh paliallo | Juni 15, 2009 | Balas

    • Ass nama saya Aldo saya akan mencoba menjawab pertanyaan saudara,mudah2an bermanfaat

      Dari buku yang saya baca..memang pada waktu nabi ibrahim a.s menikah dengan sarah ia belum dikarunai anak untuk waktu yg lama.hingga kepindahan nabi ibrahim ke mesir.dan bertemu denganraja mesir lalu dihadiahi budak belian bernama hajar..dengan hati yg ikhlas sarah menyuruh ibrahim menikahi hajar agar mendapat keturunan demi melanjutkan ajaran2 allah swt.

      wss

      lalu dilahirkanlah Ismail a.s.namun dengan berjalannya waktu sarah cemburu dikarenakan nabi ibrahim a.s terlihat lebih memperhatikan hajar dan ismail.oleh karena itu ia menyuruh hajar dan ismail pergi kemekkah.disinilah terrcipta ZAM-ZAM pada saat hajar hendak mencarikan air untuk ismail.

      TERNYATA pada saat sarah berumur 99 tahun dan nabi ibrahim a.s berumur 120 thn,allah swt berkehendak sarah akan mempunyai anak,ia tertawa karena dengan umurnya yang sudah tua mana mungkin itu terjadi,namun ternyata itu semua terjadi,maka dinamakannlah ISHAK/artinya tertawa yang selanjutnya menjadi nabi.

      Komentar oleh Aldo Renathan | September 23, 2009 | Balas

  14. saya ucapkan terimakasih, semoga bermanfaat untuk kepentingan semua umat beragama menuju jalan yg baik

    Komentar oleh DEWO SISNO | Juni 26, 2009 | Balas

  15. lengkap … numpang copas n semoga berkenan ..

    Komentar oleh jambezz | Juli 2, 2009 | Balas

  16. artikel yang bagus, mohon noted studi kepustakaan yg jls. ini seperti contekan dari risalah yang diterbitkan oleh salah satu pesantren di aceh utara.

    Komentar oleh putra shirman | Juli 25, 2009 | Balas

  17. Mohon ditambahkan keturunan Rasulullulah SAW hingga cucu beliau Hasan dan husen. juga istri-istri beliau.
    Semoga Manfaat.

    Komentar oleh Azif Rayani | Agustus 10, 2009 | Balas

  18. Alhamdulillah segala puji bagi alloh.sholawat salam untuk junjungan Nabi kita muhammad saw,keluarga ,para sahabat dan orang orang yang mengikuti jejak tuntunannya ilaa yaumil qiamah.
    terima kasih ya akhi atas termuatnya seluruh sejarah dan lain nya yang berkenaan dengan para nabi,terutama sejarah bagi baginda Nabi kita Muhammad saw,mudah mudahan dapat memberikan manfaat untuk kita semua ummat di seluruh jagat.amin.
    dari saya :M Fadloli hs.
    D/a;brangkal.mojokerto.jatim indonesia.
    tlp;0321326671.
    salam kenal.

    Komentar oleh M FADLOLI .HS.Al BRANGKALI . | September 21, 2009 | Balas

  19. diantara sesuatu yang dapat menambahi iman dan kecintaan kita keapada para Nabi dan kekasih kekasih Alloh adalah mau membaca sejarah beliau para anbiya,rasul dan para kekasih kekasih Alloh tsb.
    membacanya adalah termasuk amal ibadah,cinta kita kepada mereka dapat menjadikan sebab kita di kumpulkan bersamanya kelak di jannatun naim.
    Sabda Nabi SAW :” kelak manusia di akhirat di kumpulkan bersama orang orang yang di cintainya sewaktu hidup di alam dunia”. ( Al hadist ).

    Komentar oleh M FADLOLI .HS.Al BRANGKALI . | September 21, 2009 | Balas

  20. heii…..
    q bnerna cm org br tp q ingn infrmasi tentang ne tlg ditambah ye ples

    Komentar oleh tia | September 29, 2009 | Balas

  21. asw
    silsilah dari nabi adam mpe nabi muhammad bisa lebih dirinci gk????????????????
    penting bgt ne bwt q al da tgas skul yg amat sangat pntg.
    sgera ea……..
    ditunggu lho

    Komentar oleh metya | September 29, 2009 | Balas

  22. hmmmm

    kalo boleh tanya, urutan tahunnya dunk

    Komentar oleh wr0ngw4ys | Oktober 14, 2009 | Balas

  23. apakah benar nabi muhammad itu buta huruf. sebab berdasarkan buku2 refren yg di baca mengatakan bahwa nabi muhammad itu buta huruf….. mohon penjelasannya ……

    Komentar oleh maya | Oktober 15, 2009 | Balas

  24. coba periksa lagi dech, perasaan setelah saya hitung di gambar salasilah ( seharusnya kan SILSILAH )jumlah yang di tampilkan kox ga sesuai ya? 27 gitu lho, harusnya kan 25, Syeth dan Adnan sapa ya? pa ne emang SALAHSILAH?

    Komentar oleh almun | November 4, 2009 | Balas

  25. semoga silsilah yang ada dapat bermanfaat,,,,,,,,,amiennn

    Komentar oleh dhezhen | November 14, 2009 | Balas

  26. [...] Juni 12, 2008 – Ditulis oleh HASAN HUSEN ASSAGAF | Silsilah 25 Nabi dan Rasul | 5- Artikel Islam, Agama, agama islam, Artikel, Foto, Hikmah, info, Islam, Kisah Islam, Kisah Nabi, Kisah Rasul | 28 Tanggapan [...]

    Ping balik oleh Silsilah 25 Nabi dan Rasul « SENGGANEN | November 30, 2009 | Balas

  27. Alhamdulillah…, Terima kasih telah menayangkan pengetahuan yang sudah lama saya cari ini. Sekali lagi terima kasih.. Semoga Allah akan membalas pahalanya dengan berlipat amien..

    Komentar oleh willy askrida | Desember 14, 2009 | Balas

  28. jangn di ragukan sejarah para Nabi dan rasul telah banyak di sebutkan didalam Al Qur’an dan sudah banyak di tulis oleh para Ulama’dan tokoh tokoh muslim dalam buku sejarah 25 para Nabi yang di terbitkat Percetakan PT Al maarif Bandung.
    M Fadloli Hs.
    d/a : kedung agung santren Brangkal Mojokerto.
    tlp : 03216236671

    Komentar oleh M fadloli hs | Januari 12, 2010 | Balas

  29. bagus bangt silsilahnya… komplit ini yang saya harapkan.

    Komentar oleh joni | Januari 29, 2010 | Balas

  30. alhamdulillah…bagus infonya

    Komentar oleh taufik rokhman | Februari 23, 2010 | Balas

  31. Wah.. lengkap sekali nih silsilah kenabian dan rasul Allah SWT, baru tahu sekarang silsilahnya. semoga kita semua dapat rahmat dan ridonya Allah SWT.

    Komentar oleh rino | Maret 8, 2010 | Balas

  32. mau nanya pak, adnan itu siapa koq kolomnya diwarnain hijau juga. terma kasih

    Komentar oleh ashabul yamin | Maret 29, 2010 | Balas

    • Sdrku yang dicintai Allah

      Terima kasih atas kunjungan anda. Sangat bagus sekali anda bisa menyebut nama nama 25 nabi dan rasul

      Keliatannya anda melihat dalam silsilah setiap ada tanda warna hijau itu berarti nabi atau rasul.. seperti Adnan dan Syits

      sedikit saya jelaskan :

      Adnan diberi tanda hijau karena Adnan adalah kakek kedua puluh dua dalam silsilah keturunan Nabi saw. Diriwayatkan bahwa jika beliau menyebutkan nasabnya dan sampai kepada Adnan, maka beliau berhenti dan bersabda, “Para ahli silsilah nasab banyak yang berdusta.” Lalu beliau tidak melanjutkannya.

      Jadi Adnan mempunyai peranan penting dalam nasab terakhir Rasullah saw. Segolongan ulama memperbolehkan mengangkat nasab lagi dari Adnan ke atas, dengan berlandaskan kepada hadits yang memang mengisyaratkan hal itu. Menurut mereka, antara Adnan sampai Ibrahim as ada empat puluh keturunan, yang didasarkan kepada penelitian yang cukup mendetail. Makanya dalam nasab juga kita harus berhati hati, jangan asal ngambil saja..

      Tanda hijau kedua Syits

      Syits adalah Nabi bukan rasul. Al-Qur’an menyebut beberapa orang sebagai nabi. Nabi pertama adalah Adam. Nabi sekaligus rasul terakhir ialah Muhammad saw yang ditugaskan untuk menyampaikan. Selain ke-25 nabi sekaligus rasul, ada juga nabi lainnya seperti dalam kisah Khidir bersama Musa yang tertulis dalam Surah Al-Kahf, terdapat juga kisah Uzayr dan Syamuil. Ada juga nabi-nabi yang tertulis di Hadits dan Al-Qur’an, seperti Yusya’ bin Nun (yang mengikuti perjalanan nabi Musa waktu mencari nabi Khidir), Zulqarnain yang disebut dalam surat al-Kahf, Iys, dan juga nabi Syits. ..

      riwayatnya bisa jadi panjang kalau di teruskan.. yang penting untuk merujuk tentang nasab nasab para nabi anda harus merujuk ke kitab kitab yang bisa diterima kebenaranya seperti Qashash Anbiya’ oleh ibnu Katsir .. Albidayah wan Nihayah oleh Ibnu Katsir, hadits hadits yang mutawatir yang bisa diterima keshahihanya.

      Nb/ Blog saya telah dibukukan dan anda bisa cari di toko2 buku.. dan insyallah dalam waktu dekat akan terbit buku “Kota Kelahiran Nabi – Makkah”, dan ”Akidah Menurut Ajaran Nabi”.. kedua duanya diterbitkan oleh Pustaka Basma…

      Sangat dihargai sekali kunjungan anda dan pertanyaanya…

      Wallahu’alam
      Hasan Husen Assagaf

      Komentar oleh HASAN HUSEN ASSAGAF | Maret 30, 2010 | Balas

  33. alhamdulillah..ya Robb,,,t’rnyata masih banyak saudara2ku yg seiman dan berjuang dijalanmu….walau hnya dengan apa yg dia punya…………Assalamu’alaikum.

    Komentar oleh ardiansyah putra | April 23, 2010 | Balas

  34. majulah kita terus karena “DIA” akan tetap selalu bersama kita..insya’allah….Smoga kita slalu dimantapkan aqidah kita………AMIN.

    Komentar oleh ardiansyah putra | April 23, 2010 | Balas

  35. alhamdulillah. banyak yang saya petik untuk diambil hikmahnya bagi kehidupan sekarang dan generasi yang akan datang

    Komentar oleh Hj. Inayah | April 28, 2010 | Balas

  36. Nama zaman Nabi cukup satu kata ya. Kalau manusia zaman sekarang namanya 3 suku kata. Bahkan ada yang 4.

    Komentar oleh Hendra Yoga | April 29, 2010 | Balas

  37. Mohon masukan jika saya salah, tapi saya sdh bolak balik cari di Al-quran tidak menemukan surat Al-ghafir tsb.??

    Komentar oleh ikhwanul | Mei 29, 2010 | Balas

    • surah Al Ghafir adalah surah yg ke 40, juga dinamakan sebagai surah Al Mu’min.

      Komentar oleh anggerik putih | Maret 6, 2011 | Balas

  38. Trimakasih atas informasix’a
    semoga ALLAh membalas ats kebaikan anda….
    Berjuang trus……!meneruskhan ahlak nabi2″ semua.

    Komentar oleh muhammad imam nurkharis | Mei 31, 2010 | Balas

  39. Masya Allah!!! Seru Banget baca silsilah nabi dan rasul yang lengkap kayak gini. terima kasih atas infonya semoga allah melimpahkan rahmat kepada anda ….

    Komentar oleh nazaruddin | Agustus 3, 2010 | Balas

  40. oz saya ucapkan terima kasih pada anda yang begitu peduli denaga silsilah para nabi yang kesemuanya gamblang dan menakjubkan bagi saya yang dari dulu penasaran,tentang nasab nasab ini sampai puncaknya yaiyu nabi adam,tapi lo boleah usul sekalian versi arabnya,cz tulisan bhs indo itu agak kesulitan melafalkanya.trima kacih……….!

    Komentar oleh makhrus | Agustus 7, 2010 | Balas

  41. Alhamdulillah, terimakasih infonya, ijin copas ya Abi Hasan, bagaimana kalau ditambah perkiraan tahunnya? mungkin bisa lebih jelas lagi

    Komentar oleh jaluningjagad | Agustus 8, 2010 | Balas

  42. subhanallah …. alhamdulillah mg apa yang bpk infrmskan mrpkn amal ibadah bg bapak shingga membk wawasan umat islam

    Komentar oleh rafidi | Agustus 15, 2010 | Balas

  43. aslm.wr.wb, aku seorang muslim dr lahir ke dunia ini.. sejak aku kecil aku sdh dibacakan buku cerita kisah nabi2 kita dr nabi adam AS smp nabi Muhammad SAW! namun krn brjalan nya wkt dan seiring jln terkadang manusia tdk sadar betapa penting nya sejarah hdp.. terutama sejarah agama yg kita miliki,krn itu adlh pngetahuan yg tak ternilai.. ada beberapa bagian yaitu wkt,nama tmpt,dan kelengkapan peranan dr org2 yg jg berperan di sekitar nabi2 kita! mohon dilengkapi,trims sblmnya..waslm

    Komentar oleh eve | Agustus 16, 2010 | Balas

  44. Terimakasih atas beritanya , saya baru tahu silsilah nabi sampai Nabi kita Nabi Muhammad SAW.
    Semoga diberi pahala atas manfaat dari informasi ini.

    Komentar oleh Hariztianto | Agustus 20, 2010 | Balas

  45. Bismillah…

    setahu saya;
    1. Zakaria AS adalah seorang Imam, dan seorang Imam pastilah keturunan Harun AS, kemudian Amram, termasuk seterusnya ke Yahya AS.
    cerita diatas, didasarkan ketika Zakaria AS, berdoa meminta seorang keturunan.
    Bliau berdoa di Mihrab…
    (Bait Sulaiman atau ex. Bait Sulaiman), dan hanya keluarga Imam yang bisa keluar masuk ke Bait dengan leluasa.
    2. Termasuk didalamnya Mariam binti Imron yang merupakan sepupu Elizabeth (isteri Zakaria AS, bunda Yahya AS)
    di Quran diceritakan Zakaria yg menemui Maryam yang memperoleh makanan dari Sorga.
    Maryam ketika ditemui tersebut berada di Mihrab…
    3. Termasuk cerita…
    “hai saudara perempuan Harun….”

    semoga menjadi jelas

    Komentar oleh ikhwan | September 2, 2010 | Balas

  46. baa rokalALLAH…amiiin!

    Komentar oleh ulinuha | Oktober 2, 2010 | Balas

  47. makacih ya, sehingga q sekarang lbih banyak tahu, smga kamu di balas oleh allah, SOERGA, Amin,,,,,,,,,,,,,,,,

    Komentar oleh ghufron | Desember 1, 2010 | Balas

  48. Allahuakbar…Keren kali ah…Banyak juga ya, Allah mengutus para Nabi2-Nya…

    Komentar oleh andi rose | Desember 30, 2010 | Balas

  49. Wiiih hebat tau semua dari awal mantabb

    Komentar oleh Afghan | Februari 16, 2011 | Balas

  50. wah senang nya membaca silsilah nabi ini, seumur hidup baru sekarang nih tahu jalur keturunan para nabi, terima kasih semoga di berkahi allah.amiin

    Komentar oleh alabik | Februari 27, 2011 | Balas

  51. SUBHANALLAH….ALAHAMDULILLAH, INDAH SEKALI PAK ! SEMOGA KAMI DIBERIKAN REZEKI OLEH ALLAH SWA ! AGAR KAMI DAPAT MENGUNJUNGI RUMAH ALLAH !

    Komentar oleh SAHAR | Maret 10, 2011 | Balas

  52. alhamdulillah sangat bagus nie, tp kalo bisa di tambah dari mana sumbernya terimakasih

    Komentar oleh bang chasan | April 19, 2011 | Balas

  53. Alhamdulillah, menambah wawasan dan pengetahuan saya, mohon bisa dilengkapi urutan kehidupan paran nabi/rossul tersebut dari urut pertama sampai terakhir. Terima kasih atas perhatiannya.

    Komentar oleh Kuat Slamet | Juni 3, 2011 | Balas

  54. terima kasih byk atas ilmunya pak…namun sya harap bpk mau share lg ilmu yg lain

    Komentar oleh romi | Juni 3, 2011 | Balas

  55. Terima kasih sudah lam asaya mencari silsilah nabi ini. klo bisa diperkaya juga dengan lokasi nabi diturunkan.. saya ijin copy gambarnya ya..

    Komentar oleh Ari | Juni 13, 2011 | Balas

  56. Bissmilahirahmanirahiem.
    Assalmulaikum Wr. Wb.
    Alhamdulilah menambah wawasan saya bahwa memang apa yan dicatat dalam Al-Qu’ran bahwa Sesunggunya Para nabi itu satu keturunan dari keturunan yang lain, dan yang saya yakin dan pasti bahwa mereka ini adalah “Penegak Agama ALLAH” yaitu “KEBENARAN” dengan satu “KETETAPAN” yaitu “LA ILA HA ILALLAH ,MUHAMMAD DURASULULLAH” seperti Surat Quran dibawah ini sebagai berikut :
    (Al-imran, 19) :

    19. Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab[189] kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.

    Terimah kasih atas infonya mudah-mudahan Allah Senantas mmbrikan Rahman dan Rahim-NYA kepada kita semua Amin.

    Komentar oleh Saptomargono (7 Jalan) | Juli 25, 2011 | Balas

  57. saya ucapkan terimakasih, semoga bermanfaat untuk kepentingan semua umat beragama menuju jalan yg baik

    Komentar oleh biva | Agustus 23, 2011 | Balas

  58. [...] : http://hasanalsaggaf.wordpress.com/2008/06/12/silsilah-para-nabi-dan-rasul/ Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. Comments RSS [...]

    Ping balik oleh Silsilah Nabi « apisilkomp | Oktober 26, 2011 | Balas

  59. [...] : http://hasanalsaggaf.wordpress.com/2008/06/12/silsilah-para-nabi-dan-rasul/ Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. Comments RSS [...]

    Ping balik oleh Silsilah Nabi « apisilkomp | Oktober 26, 2011 | Balas

  60. Alhamdulillah

    Komentar oleh Dandun | November 23, 2011 | Balas

  61. Terima Kasih sharingnya…..Ijin share juga untuk berbagi ilmu..

    Salam hangat dari Qatar

    Komentar oleh riyadisugeng | Desember 1, 2011 | Balas

  62. Izin copas.sangat bermamfaat

    Komentar oleh Endy Purwanto | Maret 24, 2012 | Balas

  63. bagus seinggah generasi sekarang lebih mengetahui serta menggali sejarah asal usul aqidah yang di anut sebagai perbandingan gambaran sejarah agama tahiud selain islam yang terlebih dahulu turun di muka bumi ini.

    Komentar oleh bambang purwanto | Agustus 9, 2012 | Balas

  64. MasyaAllah. . ,

    Komentar oleh lestariminshu | Agustus 16, 2012 | Balas

  65. Subahanallah. . ,

    Komentar oleh lestariminshu | Agustus 16, 2012 | Balas

  66. Adnan 2 sape eh?

    Komentar oleh Wawa Zainal Abiddin | Oktober 7, 2012 | Balas

  67. Siapa yang sekolah plegup belum tentu sudah diajarin tentang malaikat nabi dan rasul atau alam semesta kalo sudah tau is feri goot

    Komentar oleh septy | Oktober 20, 2012 | Balas

  68. terima kasih atas informasinyana. akhirnya silsilah nasab saya perfect sempurna sampai N. adam a.s

    Komentar oleh achmad Noercholiz | Oktober 27, 2012 | Balas

  69. CUBHANALLAH

    Komentar oleh MAKRIFATULKHOFI | November 22, 2012 | Balas

  70. boz/// silsilah dari dam sampe muhammad saw donk

    Komentar oleh Anak Petani (@Lovaskate) | Desember 9, 2012 | Balas

  71. salasilah nabi isa ap??

    Komentar oleh qurratu amira | Oktober 4, 2013 | Balas

  72. Terimah kasih atas infonya mudah-mudahan Allah Senantas mmbrikan Rahman dan Rahim-NYA kepada kita semua Amin.

    Komentar oleh syamsulmarwan. | Oktober 17, 2013 | Balas

  73. Alhamdulilah….sangat bermanfaat bagi umat islam , umat manusia, saya dan juga buat anak-anak saya…

    Komentar oleh iskandar | November 3, 2013 | Balas

  74. sungguh lengkap sekali informasinya..

    Komentar oleh beta | November 10, 2013 | Balas

  75. trima kasih smoga kami dpt menjadi pengikutnya yg setia …

    Komentar oleh alam.mr | November 24, 2013 | Balas

  76. subhanalloh..

    Komentar oleh emeronhamzah | November 27, 2013 | Balas

  77. butuh sekali informasi ini,,meskipun saya dari lahir sudah islam,,namun pengetahuan cerita dan kisah nabi,rasul dan al qur’an masih minim,,pengetahuan ini sangat saya butuhkan ketika putri kecil saya bertanya tentang islam dan rasullullah itu siapa…..dari sini saya bisa dapatkan semuanya…alhamdulillah….

    Komentar oleh Adriani Ngesti Mamaillona | Januari 14, 2014 | Balas

  78. saya mencari dan mencari tolong beri infomasi yang berguna untuk seluruh alam amin

    Komentar oleh ainmiskal | Januari 22, 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 72 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: