Kado Dari Kota Nabi

Oleh: Hasan Husen Assagaf

♣ Geleri Foto Bersejarah

Perjalanan ke Kota Makkah

Perjalanan dari Riyadh ke Makkah cukup memakan waktu dan tenaga, kurang lebih 1000 kilometer atau 10 jam lamanya jika ditempuh dengan mobil. Selama perjalanan saya dan keluarga beristirahat dua kali, pertama di wadi Hilban dan yang kedua ditengah-tengah antara kota Thaif dan Makkah yaitu (Qarnul Manazil) Sair Kabir, atau yang lebih tenar lagi disebut Miqot orang-orang yang ingin berbuat umrah atau haji dari Riyadh atau dari negara lainnya yang melewati tempat itu sesuai dengan hadist Nabi kita: “Tempat itu merupakan miqat bagi ahlinya dan bagi yang melewati tempat itu”… Selanjutnya….

 

Perjanlanan ke Kota Nabi

4

Makkah dan Madinah berjarak kurang lebih 350 km. Sudah pasti kita harus melewati desa bersejarah yang selalu dikenang umat Islam. Desa itu bernama Bader, tempat peperangan antara pasukan Muslim yang dipimpin Rasulallah dan pasukan kafir Quraish. Perang Bader terjadi ketika kafilah Quraisy melintas Madinah dengan harta rampasan milik kaum muslimin. Nabi berusaha ingin mengambil kembali barang milik mereka, namun Abu Jahal mengerahkan bala tentaranya. Perang antara Muslimin dan pasukan kafir Quraisy tak bisa terhindarkan… Selanjutnya….

 

Petunjuk Perjalanan Haji dan Umrah

2

Al-haj (Haji) dalam bahasa artinya menuju dan dalam ilmu fiqih adalah menuju ke Baitullah di Makkah untuk menunaikan manasik haji pada waktu tertentu yang telah dimaklumi yaitu bulan Dzul HijjahAllah berfirman:

وَللَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلاً – العمران

Artinya: “mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah;” (Qs al-Imron ayat: 97)… Selanjutnya….

 

Kisah dan Foto Perjalanan Haji Nabi saw

1

Sangat penting sekali mengetahui bagaimana Rasulullah saw melaksanakan ibadah haji demi untuk bisa dijadikan tauladan bagi kita sesuai dengan sabda beliu:

خُذُوْا عَنِّىمَنَاسِكَكُمْ

“Ambillah dariku manasik haji kalian”

Maka saya sajikan dibawah ini hadits shahih Muslim bab Hajjatun Nabiyyi saw diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah ra yang menerangkan cara haji Rasulullah saw, dan disertakan beberapa komentar dari ulama. Semoga bisa dijadikan tauladan bagi kita…. Selanjutnya….

 

Surat dan Stempel Nabi

Surat Nabi Untuk Najasyi

Al-Qura’n turun melalui Jibril as kepada Nabi saw bukan dengan tulisan tapi dengan lisan. Bahkan ayat pertama yang turun kepada beliau bukan “Uktub” atau “Tulislah” tapi ayat pertama turun berbunyi “Iqra’” artinya “Bacalah”. Dari salah satu mu’jizat Nabi saw yang terbesar adalah bahwa beliau itu buta huruf, tidak bisa membaca dan menulis. Tapi kok wahyu yang turun kepada beliau dari Allah baik melalui Jibril atau langsung bisa diterimanya? Karena ingatan dan hapalan Nabi saw super hebat, luar biasa tidak bisa disamakan dengan ingatan dan hapalan orang orang biasa… Selanjutnya….

 

Al-Qur’an dari Zaman ke Zaman

Mushaf Ustmani

Diyakini oleh umat Islam bahwa penurunan Al-Qur’an terjadi secara berangsur-angsur selama 23 tahun. Para ulama membagi masa turun ini dibagi menjadi 2 periode, yaitu periode Mekkah dan periode Madinah. Periode Mekkah berlangsung selama 13 tahun masa kenabian Rasulullah SAW dan surat-surat yang turun pada waktu ini tergolong surat Makkiyyah. Sedangkan periode Madinah yang dimulai sejak peristiwa hijrah berlangsung selama 10 tahun dan surat yang turun pada kurun waktu ini disebut surat Madaniyah.. Selanjutnya…

 

Foto Makah Madinah Bersejarah

Haram Abad ke 18

Klik selanjutnya….

 

Keajaiban Gua Kahfi

SIAPA gerangan yang tidak tahu kisah Ashabul Kahfi? Kisah ini sangat terkenal baik bagi penganut agama Islam atau Kristen. Ashabul Kahfi dalam Islam yaitu kisah yang menceritakan 7 pemuda yang mendapat petunjuk dan beriman kepada Allah tertidur lelap dalam gua selama 309 tahun. Mereka melarikan diri dari kekejaman dan kezaliman raja Dikyanus… Selanjutnya

 

 

Kisah dan Foto Madain Sholeh

thamud1.jpg

“Madain” adalah kata majemuk dari Madinah yang artinya dalam bahasa Arab “Kota”. Adapun Soleh diambil dari nama nabi Saleh a.s. (صالح) merupakan salah seorang nabi dan rasul dalam Islam yang telah diutus kepada kaum Thamud. Dan Tsamud adalah suku bangsa Arab yang bertempat tinggal di suatu kota bernama “Al-Hijr” terletak antara Hijaz dan Syam. Mereka dari keturunan Sam bin Nuh as. Al-Hijr adalah sebuah perkampungan kaum Stamud yang dahulunya sangat subur dan makmur dengan semua kekayaan alam yang dimiliki mereka… Selanjutnya….

 

 

Foto Peninggalan Nabi

pedang dan busur panah nabi

HUJAN lebat turun di kota Makkah usai sholat Maghrib. Air pun turun mengerojok dari talang Ka’bah (Mizrab). Sebagian orang yang berdekatan dengan Ka’bah lari menuju air yang turun dari pancuran. Mereka saling bergantian mandi hujan dengan maksud mengambil barakahnya…Selanjutnya…..

 

 

Ka’bah dan Sekitarnya

makam ibrahim

Ka’bah adalah bangunan suci Muslimin yang terletak di kota Mekkah di dalam Masjidil Haram. ia merupakan bangunan yang dijadikan patokan arah kiblat atau arah sholat bagi umat Islam di seluruh dunia. Selain itu, merupakan bangunan yang wajib dikunjungi atau diziarahi pada saat musim haji dan umrah.Ka’bah berbentuk bangunan kubus yang berukuran 12 x 10 x 15 meter (Lihat foto berangka Ka’bah)… Selanjutnya….

28 Tanggapan to “♣ Geleri Foto Bersejarah”

  1. Ass. Informasi dan foto yang ada sangat bermanfaat sekali bagi saya yang ingin mengetahui lebih banyak sejarah islam. Trimakasih…. Wass

  2. mbambang said

    subhanallah..betapa besar dan mulya nya Nabi ku

  3. ahmad .S. A said

    maha suci Allah dengan segala firmanNya

  4. FAiS MaNsA said

    Maha suci Allah,.
    Foto2 sejarah nabi membktikan btp mju’a peradabAn islam pd msa Rasullullah SAW..

  5. anjarpratiwi said

    info ini sangat bermanfaat untk kita…mudahan lebih bnyk lg temen2 yg tau info ini.tks…

  6. Arifin said

    info & fotonya sangat2 bermanfaat tuk kt… ayo infokan ke yg lainnya

  7. M MUSEV ASYSYAUKANI said

    Syukron Katsiron a’laika ya Habib ala risalatika fi hadzihi

  8. Ahmad Idrus said

    Askm.
    Foto2 ini amat bermakna dan bermanafaat untuk kita semua…
    Alhamdulillah kerna diberi peluang untuk semua mengetahuinya.
    terima kasih.

  9. ryan syah said

    bagus banget blognya…oke mantab!! kira2 ada yang punya foto KH.arsyad (abah Arsyad)cikondang pandeglang

  10. tirtakoesoemah said

    Alhamdullah moga diberi amal dan kebaikan dunia dan ahkerat, lanjutkan dengan kebijakan yang bermanfaat,,,, amin

  11. tirtakoesoemah said

    Maaf ada refisi Alhamdulillah

  12. Irwan Gibran said

    salut tentang blog ini hebat benar” bagus ide yg sangat kreatif wuah…..

  13. hanafi said

    saluuuuuttt…….

  14. Assalamualaikum Wr.Wb.

    mang klo bisa di perbanyak lagi tentang sejarah-sejarah islamnya. supaya pengetahuan yang lain bisa bertambah khususnya ane…yg ga tahu apa…!:

    sukhron kasir”

  15. NAZMUDDIN said

    Subhnallah

  16. NAZMUDDIN said

    Subhnallah walhmdullah walailaha illallah.maha suci allah yg mncptkn smua’a

  17. alhamdulillah

  18. sukses said

    alhamdulillah khoir

  19. arif said

    smoga dengan kita mekihat lagi foto2 para pemimpin umat,kita kembali teringat bahwa di kota kecil seperti pandeglang ada banyak para waliallah yg mempunyai karomah yg luar biasa,sehingga tercipta budaya malu bagi siapa saja yg merasa urang pandeglang khususnya,dan umat islam umumnya untuk melakukan hal2 yg bertentangan dengan ajaran2 islam,sehingga kita tidak dan ga akan malu di sebut PANDEGLANG SEBAGAI KOTA SANTRI.amin ya robbal alamin.

  20. ahmad bon said

    smakin banyak yg ku lihat sjrh nabi q brhara smg brtambah pula keimananqu amin..

  21. susilawati said

    bagus sekali. menambah ilmu dan wawasan.

  22. Ahmad said

    Mhn dg sangat untk mengirim foto makkah ke email kami

  23. Ramdan Nugraha said

    Terus tambah dengan para alim ulama dari daerah lainnya….semoga keimanan kita bertambah dan bisa meniru dan mengikuti jalan dan ajaran islam dengan benar…

  24. Zein said

    mohon izin share, syukron katsir…

  25. […] Foto-foto Bersejarah […]

  26. mirasari said

    subahannallah

  27. iruseam123 said

    subhaannaallohh. tenang hati bila meng kaji .sejarah dan islami

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 82 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: