Kado Dari Kota Nabi

Oleh: Hasan Husen Assagaf

♣ Foto-Foto Haji Zaman Dulu

 

Airport Jeddah th 1960

Perbatasan Kota Makkah th 1960

Wukuf di Padang Arafat th 1960

Pemandangan Wukuf di Padang Arafat tg 1960

Melempar Batu (Jumrah Aqobah) th 1960

Bercukur Setelah Melempar th 1960

Toaf th 1960

Sholat berjamaah di Muka Haram th 1960

Pemandangan Ka’bah th 1960

Sholat Jamaah di Halaman Luar Ka’bah th 1960

136 Komentar »

  1. insyaalah……….

    Komentar oleh m. ridho nugroho | Mei 10, 2008 | Balas

    • insaya allah aku pergi haji bareng keluarga doa’in ya semuah

      Komentar oleh bayhaki | September 15, 2010 | Balas

  2. Assalamu’alaikum wr wb

    Subhanallah..
    selayaknya kemudahan sekarang ini membawa semangat untuk berniat dan melaksanakannya..
    Allah berikan hamba kesempatan untuk bertamu ke rumahMU

    Komentar oleh Asma Mujahidah | Mei 20, 2008 | Balas

  3. ana rindu engkou ya ALLOH,ijinkan ku mengunjungi rumahmu!!!!

    Komentar oleh ikhwan art | Mei 21, 2008 | Balas

    • kami juga sudah merindukan untuk dapat ziaroh haromain, kita saling berdo’a.

      Komentar oleh muhtarom ahmad | Juni 26, 2009 | Balas

    • ya pasti nya lewat amal yang kita bawa donk untuk jumpa dengan-Nya, ya kan.?

      Komentar oleh julia | Desember 2, 2011 | Balas

  4. subhanallah

    Komentar oleh raayah silmi | Mei 28, 2008 | Balas

  5. Dokumen ini amat luar biasa. Saya sanga berminat mengumpulkan bahkan menerbitkan agar banyak ummat Islam mengetahui, guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Izinkanlah saya menyuntingnya dan mengambil gambar-gambar ini, dan akan saya tayangkan di hadapan para jamaah haji anggota KBIH yang saya pimpin dengan teman-teman yang lain.

    Komentar oleh DRG. IRCHAM MACHFOEDZ, M.S. | Juni 6, 2008 | Balas

  6. sebuah dokumentasi sejarah yang menjulur terus hingga sekarang, sarat dengan ma’na persaudaraan muslim sedunia dan merupakan tadzkiroh bagi kita semua, bahwa islam memang Agama pemersatu dunia, ya Allah ijinkanlah kakiku menapaki tanah suci mekah untuk memenuhi undanganMu, Amiiin.

    Komentar oleh azmi | Juni 15, 2008 | Balas

  7. TERIMA KASIH ATAS BLOK YANG BAPAK PUBLIKASIKAN INI MENAMBAH PENGETAHUAN SAYA TENTANG SEJARAH NABI DAN KOTA MEKKAH DAN ANDA SUDAH MELAKUKAN HAL YANG LUAR BIASA SEMOGA INI BERNILAI IBADAH DISISISI ALLAH SWT.AMIIN.

    Komentar oleh MOHAMAD FADLY | September 3, 2008 | Balas

  8. Subhanallah…aku adalah orang yang sangat beruntung dapat menyaksikan fase sejarah dan bukti fisik peninggalan Rasullah yang setiap hari aku mohonkan safaatnya dan KA’BAH kiblat setiap hari dan malamku menghadapnya. Inilah Kerinduan penuh yang aku rasakan sebagai Hamba-MU ya ALLAH.

    Komentar oleh Imtihanah, S.Pd | September 3, 2008 | Balas

  9. Ya Allah hanya kepada Mu aku memohon, atas ijin Mu pulalah aku akan datang ke Baitullah… Amin

    Komentar oleh Imam suyudi | September 12, 2008 | Balas

  10. Masya Allah, Terima kasih saudaraku… terima kasih, terharu aku melihatnya, yang lainya aku tunggu ya…. yang terkait gambar2 lama….. Wassalam

    Komentar oleh H.Djufri M.Mangkuto SE | September 27, 2008 | Balas

  11. Ya Allah ijinkan hamba mengunjungi rumahMu, mudahkanlah hamba dengan semudah-mudahnya, lancarkan dengan selancar-lancarnya dan berilah hamba rizqi dari arah yang tidak hamba sangka-sangka

    Komentar oleh Iswahyudi | Oktober 9, 2008 | Balas

  12. alhamdulillah allahhu akbar allahumma solli ala sayyidina muhammad wa ala alihi wasahbihi wasallam

    Komentar oleh H.Murhanuddin | Oktober 27, 2008 | Balas

  13. ajib2 fotonya…
    kyknya gak ada yg punya deh….kecuali d sini

    Komentar oleh ridho | November 14, 2008 | Balas

  14. Subhanallah…. Allahuakbar

    Komentar oleh Rach_maa | November 15, 2008 | Balas

  15. ALLOH HU AKBAR…………….!!!!!!!!!

    Komentar oleh AKBAR | November 23, 2008 | Balas

  16. Subhanallah…Ya Allah Engkau telah menunjukan kebesaran-MU di hadapan semua umat di dunia.bahwa hanya Engkau-lah yang patut di sembah di dunia ini.

    Komentar oleh tutiesby@yahoo.com | Desember 2, 2008 | Balas

  17. SubhanaAllah..ternyata bisa juga lihat ft makkah tempo dulu..yang sdh jauh sekali perubahannya waktu saya melaksanakan haji tahun 2007..apalgi skrng diperluas lagi..jaya trus islam semoga ALLAH selalu bersama umat2nya yang beriman amin.

    Komentar oleh oktora | Desember 3, 2008 | Balas

  18. Bismillah, Allahu Akbar, terima kasih kerana memaparkan foto-foto yang sangat berguna untuk tuntunan semua, khusus mereka di zaman kini yang jika tidak kerana paparan ini sama sekali tidak tergambar akan keadaan Kaabah di masa lampau.Kepada para jemaah yang akan menunaikan umrah maupun haji akan tergambar sejarah lampau ini dan sekali gus menimbulkan keinsafan yang mendalam.

    Komentar oleh MUSBIHA | Desember 3, 2008 | Balas

  19. alkhamdulillah saya sangat bersyukur melihat tgambar2 yang ada yanbg ditayangkan dan insya allah mudah2an saya dapat kirimana gambar2 yang lainnya sehingga menambah kecintaan kami terhadap islam

    Komentar oleh abu Aviecienna | Desember 18, 2008 | Balas

  20. Assalamu’alaikum

    senang sekali rasanya mendengar ka’bah yang megah dan penuh sejarah suci. semoga kita orang islam diberi kemudahan dalam berhaji dan menjadi haji yang mabrur di terima di sisi ALLAH SWT…

    wassalam

    Komentar oleh amsar | Desember 27, 2008 | Balas

  21. subhaallah sungguh luar biasa saya bersukur jadi umat islam….assalamu alaikum semuanya…?

    Komentar oleh imam | Desember 28, 2008 | Balas

  22. ya Alloh izinkan kami berada di ka’bah_Mu….amin

    Komentar oleh ahas | Januari 14, 2009 | Balas

  23. Subhanaallah. Maha Besar & Maha Sempurna, segala ciptaan Allah SWT dimuka bumi ini.
    Ya Allah Aku penuhi panggilanMu.
    Ya Allah Semoga Saya bisa melaksanakan Ibadah haji lagi, memenuhi panggilanMu, untuk menyempurnakan rukum islam yang ke 5 (lima). amiin

    Komentar oleh kanghaji | Januari 15, 2009 | Balas

  24. Subhanaallah…ya Allah semoga aku menjadi orang-orang yang dapat memenuhi paggilanMu,sebelum ajal menjemputku…Semoga aku mejadi orang yang engkau berkahi beserta orangtua,anak dan keluargaku….Amin……..

    Komentar oleh ratna | Februari 9, 2009 | Balas

  25. Subhanallah… meskipun saya sudah pernah membaca buku Sejarah Mekkah dan Sejarah Madinah yang mencantumkan beberapa foto jaman dulu, rasanya terkagum juga dengan perkembangan Baitulloh. Pengin rasanya hadir kembali kesana.
    Oh ya sedikit agak aneh, memang teknologi tahun 1920 sudah ada kamera berwarna ya ?

    Komentar oleh Malik | Maret 5, 2009 | Balas

  26. Subhannallah aku sungguh senag melihat orang2 jaman dulu melewati hari2 di kota mekah hajidg masih keadaan sederhana.Moga-moga aku bisa naik haji bersama kedua orang tuaku,”amin”.wassalammualaikum.Wr.Wb.

    Komentar oleh umar | Maret 5, 2009 | Balas

  27. Bagi orang yg belum sempat pergi haji, sebaiknya ikut haji biasa,krn dg Haji biasapun kondisi skrg lebih baik dibanding kondisi th 1920 spt yg dijelaskan dlm website ini.
    Dengan Haji biasa waktu beribadah di 2 kota suci lebih lama & usahakan menghatamkan Al Quran.

    Komentar oleh Saiful Rohman | Maret 14, 2009 | Balas

  28. YA ALLAH MAQBULKAN LAH DOA2 DAN HAJAT HAMBA2 MU YG LEMAH LAGI DHOIF INI..SESUNGGUHNYA ENGKAULAH YG MAHA BERKUASA LAGI MAHA PENGABUL DOA.BERILAH KESEMPATAN KEPADA KAMI UTK MENGUNJUNGI RUMAHMU DAN MENZIARAHI MAQAM RASULMU..KRN TIADA DAYA DAN UPAYA KAMI MELAINKAN DENGAN KEIZINANMU..AMIMM

    Komentar oleh hazrazmi | Maret 27, 2009 | Balas

  29. Allhamdulillah, serasa aku sudah lahir tahun 1920 dan berada di baitullah, izinkan aku copy fotonya ya Pak. terima kasih dan wassalam.

    Komentar oleh Saptono | Juni 9, 2009 | Balas

  30. Alhamdulillah baitullah yang selalu ku rindukan setiap saat, terima kasih saya dapat melihat foto-foto zaman dahulu baitullah, mudah2an bapak dapat menampilkan lagi ka’bah sebelum masehi wassalam

    Komentar oleh abdul halim | Juli 6, 2009 | Balas

    • alhamdulillah. serasa sudah puas melihat foto nabi nabi saya….

      Komentar oleh muhammad syarif | Februari 16, 2012 | Balas

  31. Subhanallah…. Yaa ALLAH Yang Maha Pengasih Lagi Penyayang betapa tak terukur KEBESARAN-MU,KETINGGIAN-MU. Hamba pernah mendatangi RUMAH-MU, namun kini kerinduanku ingin kembali bersimpuh di Hadapan KA’BAH mencurahkan segala isi hati ini Yaa ALLAH entah sampai kapan ? Berikanlah Kekuatan kepada hamba YAA ALLAH untuk kembali bersimpuh DI BAITULLAH NAN INDAH DAN AGUNG. Kabulkanlah Keinginan Hamba ini Yaa ALLAH AMIN.

    Komentar oleh Ernawati | Agustus 5, 2009 | Balas

  32. subhanallah ,, insya allah diriku di sana , amin

    Komentar oleh hasnul | Agustus 22, 2009 | Balas

  33. Ternyata untuk menjadi haji pada tahun-tahun itu sangatlah penuh dengan perjuangan. Tidak seperti yang saya alami pada tahun 2003 yang penuh dengan fasilitas haji. Subhanallah,terima kasih ya Allah.

    Komentar oleh H. Bambang P | September 9, 2009 | Balas

  34. Terima kasih buat info2 dan foto2 nya…

    Komentar oleh Abu Arqam | Oktober 25, 2009 | Balas

  35. Subhanallah, Ya Allah Ya Rabb begitu Agung dan Indahnya Rumah-MU.
    Aku ingin mengunjungi Rumah-MU lagi bersama orang tuaku dan anak2ku
    Kabulkanlah dan perkenanlah do’a kami – Amien
    Terima kasih pak Foto2nya, menggungah hasrat dan Ghirah hati untuk selalu kesana dan kesana lagi

    Komentar oleh HR.Hariadi Agung | Oktober 26, 2009 | Balas

  36. Allahuakbar…
    Ya, Allah, Anugerahi hamba dan keluarga selagi belum terlalu tua agar bisa jiarah ke Makkah menunaikan Haji dan ke Madinah ke Makam Rasulullah.
    Amin…

    Komentar oleh Muliyadi | Oktober 27, 2009 | Balas

  37. Subhaanalloh ! betapa agung ciptaanmu yaa Allah ! ku ingin menagbdikan diriku tuk kemaslahatan agamamu dan ku ingin lebih dekat dengan Engkau dan jadikanlah anak turun kami orang2 yang tetap beriman dan bertaqwa kepada Engkau yaa Robbi

    Komentar oleh tantowi muid | November 18, 2009 | Balas

  38. gambar yang luar biasa.aku penuhi panggilanMu ya Allah, dari awal sampai akhir jaman jika sudah Engkau panggil tidak akan bisa dihalangi oleh apapun,….ijinkan aku datang lagi memenuhi panggilanMu untuk menghajikan ibuku yang telah wafat.amin

    Komentar oleh hj. baity jannati | November 22, 2009 | Balas

  39. Allah Akbar….Ijin saya ya Allah…untuk dapat menempuh Ibadah Haji…Aamiiin.

    Komentar oleh Lucky Lukmana | Desember 11, 2009 | Balas

  40. Ya Allah beri saya kesempatan menunaikan ibadah haji

    Komentar oleh AQ | Februari 28, 2010 | Balas

  41. subhanallah……mudahkan dan lapangkanlah jalan ku menuju rumah Mu, Ya Rabb……

    Komentar oleh hanie | Maret 15, 2010 | Balas

  42. Allahu Akbar….. semoga ORTU saya menjadi Haji & Hajah Mabrur … Insya Allah berangkat thn 2011 ini…

    Tujukan lah Jalan Mu kepadaku beserta keluarga, istri dan calon penerusku……….. Amien….

    Komentar oleh agus jogja | Maret 23, 2010 | Balas

  43. Allahuakbar….
    Bukakan jalan ini menujumu ya Baitullah….

    Komentar oleh Ramadhanul | Maret 30, 2010 | Balas

  44. fotonya bagus-bagus,.. masih ada yang lain gak?

    Komentar oleh Reza Muhammad | April 5, 2010 | Balas

  45. subhaanallaahi walhamdulillaahi ….Tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha besar. Tiada daya upaya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

    Komentar oleh taufikurrohman | April 14, 2010 | Balas

  46. Pengen ke sana lagi. Kebayang ya susahnya berhaji dulu. Skrg dah jauh lebih nyaman tp masih banyak yg mengeluh.

    Semoga yg belum bertamu ke rumah Allah, segera dipanggil. Amin

    Komentar oleh kasan mulyono | Mei 6, 2010 | Balas

  47. aL haduliLLah trnyata ak bsa melihat ka”bah yg dulu,,,,,, niat saya k korea yang pertama mudah2 an aku bisa naik kin ibunda tercinta ku n klurga mnyusuL k tanah suci makkah, menjadi haji mabrur, do”ai jga ya mudah2 an jdwL trbang ak kluar kamis tgl 13-05-10,. amin

    Komentar oleh ahmad ridwanul mubin | Mei 10, 2010 | Balas

  48. subhanallah. sungguh menggetarkan hati foto-2 tersebut.
    foto kondisi yang sekarang sudah berubah total.
    dengan kekayaan sumber daya alam, bisa merubah segalanya.

    Komentar oleh kang haji | Juli 2, 2010 | Balas

  49. ya aLLah kPaN Qu bsa k tmpt sci ntu????
    insya allah……….

    Komentar oleh hafidoh | Agustus 18, 2010 | Balas

  50. Ya Allah izinkan Hamba mengunjungi RumahMu,sebelum Hamba

    Komentar oleh Kenedi Amir | Agustus 20, 2010 | Balas

  51. Ya Alloh panggillah hamba mu ini untuk melaksanakan rukun islam yang ke lima.Mudah-mudahan dengan rahmat dan hidayah Mu aku akan segera menuju rumah Mu.

    Komentar oleh Zulki hawari | Agustus 24, 2010 | Balas

  52. ya ALLAH beri kanla aku ridoh mu.. agar dapat menunai kan ibada haji!!! beri kanla aku rido dan riski mu yang barokah. AMIN

    Komentar oleh denny anang afran.s | Agustus 27, 2010 | Balas

  53. Ya Alloh… Panggillah aku kembali kerumahMU di Baitulloh Makkah Al-Mukaromah dan Madinah Al-Munawaroh utk berhaji dan umroh bersama-sama anak istriku tsy… Namun jika sekiranya Engkau belum sempat memanggilku kembali kerumaMu Baitulloh; namun keduluan Kau utus Malaikat Izrail dtg menjemput ajalku…, mencabut nyawaku…maka…gantilah keinginanku utk bs berjumpa dan menatap wajahMU…dengan penuh keridloanMU… Aamiin ya Alloh…

    Komentar oleh suparno | September 1, 2010 | Balas

  54. ya’ALLOH……panggilah hambamu untuk bisa jadi tamu MU dirumahMu Baitulloh Mekkah Al-Mukaromah…..Supaya hamba bisa berziaroh kemakom manusia paling suci dan sempurna di didunia ini, kemakom kekasihMU ya’ALLOH Kemakom Al-Musthofa Sayidina Muhammad Bin Abdillah Rosullulloh S.A.W dan para keluarga juga sahabatnya….amien ya rabbal alamin

    Komentar oleh amsar | September 3, 2010 | Balas

  55. ya, Allah…aku jg mau pergi haji…
    supaya aku bisa beribadah disana, mengunjungi makam kekasihMu Rasullullah S.A.W dan keluarga serta sahabatnya.. amin

    Komentar oleh emi | September 5, 2010 | Balas

    • sm

      Komentar oleh yolanda | Oktober 13, 2010 | Balas

  56. aku ingin lihat nabi

    Komentar oleh andi | Oktober 14, 2010 | Balas

    • ikuti jalannya nabi, ikuti sunnah nabi, iberdo’a kepada Alloh, insyaAlloh bisa ketemu di surga

      Komentar oleh arif | Oktober 27, 2012 | Balas

  57. dulu alm engkong saya sekitar th 50an naik kapal laut menuju mekah , lamanya ibadah bisa berbulan-bulan

    Komentar oleh eengsu | November 16, 2010 | Balas

  58. rukun islam yang ke 5 melaksanakan ibadah haji ke makkah wajib bagi yang mampu.. renungkanlah kata wajib bagi yang mampu

    Komentar oleh edrianus | Desember 20, 2010 | Balas

  59. saya ke Majidil haram 2010 , berapa kali mencoba cium Hajar aswat gak pernah berhasil sudah dekat di desak lagi …
    kalau 1960 wah bisa berkali kali gak perlu rebutan

    Komentar oleh slamet | Februari 11, 2011 | Balas

  60. ku merindukan Mu Nabi

    Komentar oleh innaka | Februari 17, 2011 | Balas

  61. Saya asedih dan terharu melihat perjuangan mereka menunaikan haji, tidak seperti jamaah haji saat ini yang penuh dengan berbagai kemudahan, semoga menjadi haji yang mabrur.
    Ya Allah saya rindu ingin kembali ketanah suci dengan anak2, semoga terkabul, amien3x ya Allah :))

    Komentar oleh alvira iljas | Maret 9, 2011 | Balas

  62. nak jawa

    Komentar oleh mega asmaradani | Maret 13, 2011 | Balas

  63. Subhanallah……luar biasa nih.. jadi ketawa sendiri lihat perbedaan ibadah haji 50 tahun yang lalu dengan yang sekarang…..

    Komentar oleh pale | Maret 25, 2011 | Balas

  64. Ya Allah Izinkan daku dan keluarga serta anak cucuku berHajji ke BaitullahMu Amiin

    Komentar oleh Seno Widihardjo | April 15, 2011 | Balas

    • aku doa in smoga semyanya bisa brngkt haji ke tanah suci trmasuk aku dan keluarga…, Amiiin

      Komentar oleh Ecko Arjet from tuban | Juni 16, 2011 | Balas

  65. YA ALLAH………….YA…RABBI………….. IZINKAN HAMBA UNTUK KEMBALI IBADAH DI RUMAH – MU BAITULLAH MAKKAH AL- MUKARRAMAH

    Komentar oleh sofie | Juni 17, 2011 | Balas

  66. Alhamdulillah, engkau tlah memanggil hambamu ini tuk melihat ka’bah, hamba bersyukur skali bisa hadir dkota suci ini! Yaitu makkah

    Komentar oleh adegagah | Juni 23, 2011 | Balas

  67. Subhanalallah……. Walhamdulillah, gambar ini begitu menggugah keimanan kita , dengan kondisi yg serba kurang fasilitas , begitu semangatnya saudara kita zaman dulu beribadah di tanah haram ,, Labbaikalahumma labbaik ,, Labbailaka syarikalabaik .. Innalhamda , wanikmatta Laka walmulk La syarilakak

    Komentar oleh Dody | Agustus 8, 2011 | Balas

  68. Subhanallaah…….aku merindukanmu ya Allah

    Komentar oleh Anton | Agustus 15, 2011 | Balas

  69. air mataku meleleh

    Komentar oleh tmhtasik | September 12, 2011 | Balas

  70. YA …..ALLAH…….YA….RaBBI, Izinkanlah hamba untuk menunaikan ibadah haji untuk kedua orang tua hamba ya allah……hamba sangat mengharap kan dan ingin sekali melihat kedua orangtua hamba ibadah haji dan berada di keagungan rumah mu ya allah, sebelum kedua orang tua hamba tutup usia…..izinkan kedua orang tua hamba mengngumandangkan….Labbaikalahumma labbaik ,, Labbailaka syarikalabaik .. Innalhamda , wanikmatta Laka walmulk La syarilakak….

    Komentar oleh yosep nugraha | Oktober 1, 2011 | Balas

  71. subahanallah ya allah sungguh kuasaNya engkau, Ya allah robbi ampunilah aku dan kedua orang tuaku ya allah izikanlah hamba untuk menunaikan ibadah haji ya allah hamba mengharapkan dan izikanlah aku untuk beribadah haji

    Komentar oleh supeno sp | Oktober 7, 2011 | Balas

  72. Mohon izin untuk copy foto2 ,utk sharing ,

    Komentar oleh ramli | Oktober 12, 2011 | Balas

  73. subahanallah, walhamdulillah hiwalaillahaillallah allahuakbar

    Komentar oleh herman | Oktober 28, 2011 | Balas

  74. ya allh moga aku ada pangglan ke rumah mu(baitullah)amiiiinnn

    Komentar oleh rahwana'skb' | November 5, 2011 | Balas

  75. ya alh moga engkau memanggl ku ke rumh mu yg mulia ini,baetuwllh,,,amiiiinn

    Komentar oleh rahwana'skb' | November 5, 2011 | Balas

  76. kapan ya bisa berangkat hai

    Komentar oleh enia | November 14, 2011 | Balas

  77. Subhanallah…

    Komentar oleh Odenk doank | November 28, 2011 | Balas

  78. Subbhanallah, wahai rumah Allah sambutalah dan tunggulah kedatangan saya dengan istri saya dan keluarga kami disana.. Amien ya robbal alamien..

    Komentar oleh rizal isanova | Desember 3, 2011 | Balas

  79. Mudah2an Allah mengijinkan aku bisa ketanah suci. Ya Allah kabulkanlah niat ku ini.Mudahkanlah rezekiku ya Allah.

    Komentar oleh nofriyeni | Desember 10, 2011 | Balas

    • amien ………….saya doakan semuanya bisah naik haji /terwujud semua cita2nya

      Komentar oleh yadi | Desember 16, 2011 | Balas

  80. Niat ingsun ibadah haji karena Allah ta’ala, AMin.

    Komentar oleh Gaguk Setiawan | Desember 13, 2011 | Balas

  81. Assalammualaikum
    mohon izin copy gambar2, untuk berbagi ke sesama
    thanks

    Komentar oleh R | Desember 17, 2011 | Balas

  82. Asalamualaikum Wr.Wb

    Puji syukur allah SWT telah mmberikan ksehatan dan umur pnjang bagi kita smua untuk mnimatii keindahan alam dan dunia in. Allah tak buta dy tw bahwa kta sngad mmbutuhknx,oleh krn tuch marilah kita brsujud tak henti untuk mxembahx. Bersyukurlah wahai musliminmuslimah krn klian masii ada untuk mexaksikan smuaa yg tlah di turunkanx.

    Komentar oleh vira nak Bmc | Januari 10, 2012 | Balas

  83. alkhmdllah sy sgt suka liht gambar2macam ni untuk menambah keyakinan dlm islam

    Komentar oleh ahmad bon | Januari 22, 2012 | Balas

  84. orang2 dlu haji dgn mujahadah…

    Komentar oleh muhtar kamil | Maret 7, 2012 | Balas

  85. subbahannawlaah sangat indah peninggalan nabi muhhamat SAW sangat indah sekali jadi terharu ngelihatnya …… :)

    Komentar oleh renaldi | Maret 23, 2012 | Balas

  86. insya alloh bersama aku dan keluarga akan memenuhi undangan Nya… Amin

    Komentar oleh akbar | April 2, 2012 | Balas

  87. mudah” melalui web..ini
    impian yg nyata bisa terjadi..
    smoga allah swt ntar low akk udh ad rezeki bisa ksana k rmh allah swt..
    amin..

    Komentar oleh zah | Mei 19, 2012 | Balas

  88. InsayaAllah kami sekeluarga akan memenuhi undangan Mu.. ya Allah… Amiiiiin

    Komentar oleh wiwin | Juni 17, 2012 | Balas

  89. ijin copy paste, subhanalloh walhamdulilah wala ilaha illalloh wallohu akbar la haula wala quwwata illa billah…..allohumm inna hazalbalada baladuka walharoma haromuka walamna amnuka walabda abduka jinaka min biladin baidatin bizunubin kasirotin fagfirlana zunubana wakaffir anna sayyiatian wataffana maal abroor……..

    Komentar oleh yarin rahmat insani | Juli 31, 2012 | Balas

  90. assalamu;alaikum
    minta ijin ane mau down load fotonya dan share di blog ane
    syukron katsir..
    wassalam

    Komentar oleh abi ayawalkausar | Agustus 10, 2012 | Balas

  91. subhanallah….saya meneteskan air mata setiap melihat ka’bah…smg sy sampai d sana suatu hari nanti Insya Allahaniiiiinnnn y robb…..

    Komentar oleh rozalinda | Agustus 10, 2012 | Balas

  92. semoga saya di ijinkan bisa berangkat haji, dan menjadi haji yang mabrur insya allah, aamiin ya rabb..

    Komentar oleh jeruknabire | September 7, 2012 | Balas

  93. Do`akan aku semoga bisa naik Haji bersama keluarga Orang tua dan saudara. saya sangat terharu dengan melihat kota Mekkah dan Ka`bah jadi mohon do`anya Amin, Aku Rindu Ka`bah

    Komentar oleh Husein | September 14, 2012 | Balas

  94. “Ya Allah…. berilah kemudahan aku untuk bisa membawa istri dan anak berkunjung ke Mekah dalam waktu dekat.” Salam kenal dan salam persaudaraan. Senang bisa berkunjung disini, kalau ada waktu silahkan berkunjung ke: OBYEKTIF.COM

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    obyektif.com

    Komentar oleh Anggoro Suprapto | Oktober 1, 2012 | Balas

  95. Subhanallah… aku rindu padamu ya allah,, aku rindu bs menunailkan ibadah rukun islam ya kelima,,, amiiiinnnnn

    Komentar oleh Zahira | Oktober 8, 2012 | Balas

  96. Sungguh luar biasa

    Komentar oleh Ferry chandra | Oktober 16, 2012 | Balas

  97. terima kasih atas informasi yang sudah di berikan

    Komentar oleh rumah di jual | Oktober 17, 2012 | Balas

  98. th 2011 bnyk perubhn bnget,

    Komentar oleh Reza Ardian | Oktober 29, 2012 | Balas

  99. saya mohon izin untuk mengupload foto ke fb saya
    untuk pelajaran semoga bermanfaat
    aamiin

    Komentar oleh Sosro | November 7, 2012 | Balas

  100. Trim,s atas info nya sob….

    Komentar oleh ANTON | November 14, 2012 | Balas

  101. kurang 1 riski

    Komentar oleh jegger.rastya@yahoo.com | November 24, 2012 | Balas

  102. tolong do’akan saya agar bisa sering mengunjungi Masjidil Haram

    Komentar oleh Edi Sampana | Desember 4, 2012 | Balas

  103. bagitu besar rahmat dan niikmat Allah SWT, semoga semua kita berniat dan diberi kemudahan mengunjunginya, amin.

    Komentar oleh adyan matsani | Desember 6, 2012 | Balas

  104. kita harus menghormati peninggalan nabi Ibrahim dan mematuhi perintah Alloh swt,padahal ka’bah yang asli sudah terbang diambil Alloh untuk dijadikan kendaraan bagi orang yang imtak

    Komentar oleh hanya manusia biasa | Desember 9, 2012 | Balas

  105. maaf mintak bantuan keti nabi ibrohil dengan rasulloh ketika serah terima kakbah apah kah ayatnya kalo bisa di bagi kan

    Komentar oleh athar | Januari 29, 2013 | Balas

  106. Ya alloh mudhkn aku mncari rizki,mudhkn aku brusaha dlm aku mncari nafkh hdp,kiranya aku akn mmpu mmenuhi pgln mu ya alloh swt..

    Komentar oleh Dymoox's | April 8, 2013 | Balas

  107. Ya alloh,lncrkn sgla usaha ku,mudahkn lah dlm aku mncari rizki mu n mudahkn lah dlm aku mncari nafkah untk hidup anak n istri ku,agar aku bisa mmenuhi pgln mu untk ibadah haji

    Komentar oleh Dymoox's | April 8, 2013 | Balas

  108. waduuuh….. masih bagus2 ya mas foto fotonya,,, hmmmmm nice for sharing

    Komentar oleh kumpulan gambar | Mei 25, 2013 | Balas

  109. الحمد لله ما شاء الله كان سبحان الله
    Luar biasa photo-photo ini mengingatkan betapa indahnya Kebesaran ALLAH S.W.T. padahal ini baru sebagian dari banyak ciptaannya.

    Komentar oleh NGS TOUR & TRAVEL | Juli 14, 2013 | Balas

  110. subuhanallah… luar biasa kebesaranmu ya allah… izinkan aku untu bertamu kembali ke rumahmu ya allah… amin

    Komentar oleh irfan arfah | September 1, 2013 | Balas

  111. izin copas

    Komentar oleh abu unaesy | Oktober 3, 2013 | Balas

  112. Syukron atas infonya,
    lebih menambah kerinduan untuk k sana! Ya Allah berikanlah izin untuk bisa bertamu ke Rumah-Mu!!
    Miss _u Allah

    Komentar oleh akhtar fakhry | Oktober 11, 2013 | Balas

  113. Ass, Mohon dan izin copas

    Komentar oleh Ruslianto | Oktober 16, 2013 | Balas

  114. best nye pgy haji..tpy sy xad duit.

    Komentar oleh norjatinorfathiah | Oktober 20, 2013 | Balas

  115. ya allah kapan kami sekeluarga bisa melihat secara langsung ka’bah di Makkah……..kami sekeluarga sudah tidak sabar lagi………kabulkan segera ya Allah………..aminn……..

    Komentar oleh moh. thoriq | Oktober 27, 2013 | Balas

  116. al-hamdulillah………..mUdah-mUdahan aku cEpet nyampek ketanah haram……….

    Komentar oleh Anwari faqot | November 5, 2013 | Balas

  117. alhamdulillah.. gambar ini yang saya cari selama ini…

    Komentar oleh ita | November 15, 2013 | Balas

  118. Melihat Potret Pelaksaan Haji Di tahun 6o an, Maka terbayang sebuah pemikiran, betapa hebatnya tingkatKeimanan umat Islam pada waktu itu semuanya serba sulit dan terlambat. namum kesulitan keterlambatan, memberi sebuah keyakinan yang Paripurna. bagaimana dengan Potret jamaah haji kekinian apakah pergi karna Iman
    ? ataukah hanya sekedar melancong ? belum lgi harta yang kita pakai untuk ONH halah atau tidak ? Brgitu banyak orang ke haji untuk memantapkan Prestisi da An status sosial.Marilah hai kaum muslimin seluruh dunia kita melaksakan ajaran yang sempurna.

    Komentar oleh PAK ABDILLAH PATTY, S.Ag | Desember 7, 2013 | Balas

  119. alhamdulillah turut menyaksikan makkah jaman dulu,matur suwun ya moga bermanfa’at….

    Komentar oleh eviyanti | Desember 8, 2013 | Balas

  120. ooohh
    ternyata ka’bah dulu tidak seperti sekarang???????????????

    Komentar oleh ilham | Desember 9, 2013 | Balas

  121. Insya’allah saya pengen pergi haji

    Komentar oleh risan | Desember 13, 2013 | Balas

  122. Ya Alloh…………….. lapangkan jalanku untuk menuju… Rumahmu,,,,

    Komentar oleh dae hoo | Januari 1, 2014 | Balas

  123. ya allah aku kagum dengan semua ini..
    mohon lapangkan jalanku agar aku bisa mengunjungi rumahmu

    Komentar oleh firmansyah34 | Januari 17, 2014 | Balas

  124. subhanallah, allahuakbar, walaillahaillah, muhammaddarasullah… tkjub oleh kebesaranmu ya allah..!!!

    Komentar oleh Herman Truuz | Januari 25, 2014 | Balas

  125. assalam mu allaikum…subahanaallah..foto2 ini ..setiap liat ka’bah,batin ini selalu menjerit.. smoga bermanfaat dan menambah keimanan,dan wawasan kita…

    Komentar oleh tutik darwanti | Januari 26, 2014 | Balas

  126. Subhanallah mh besar Engkau ya Allah semuga kami sekeluarga dapat menunaikan rukun islam yg ke5

    Komentar oleh Helyatun wasitoh | Januari 31, 2014 | Balas

  127. […] ♣ Foto-Foto Haji Zaman Dulu […]

    Ping balik oleh Foto-foto Sejarah Ka’bah dan Sekitarnya | bambangbelajar | Februari 17, 2014 | Balas

  128. Alhamdullilahirobbil alamin….berkat ijin Allah SWT saya dan istri tercinta pada tahun 2013 yang lalu telah diberi kesempatan untuk dapat berhaji ke tanah suci……disanalah kita dapat banyak pengalaman dan ilmu dalam menjalani ritual ibadah yang suci ini ……..sungguh merupakan kerugian yang sangat besar bagi umat muslim yang mampu tapi tidak menjalankannya…..semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung….amin

    Komentar oleh safrudin | April 4, 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 72 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: