Hasan Husen Assagaf

♣ Atlas Al-Qur’an

Posted by HASAN HUSEN ASSAGAF pada Agustus 25, 2006

 

Hasan Husen Assagaf, 25 Agustus 2006

AL-OBAIKAN adalah nama toko buku terbesar di kota Riaydh yang memiliki kurang lebih 100 ribu jenis buku dari bermacam-macam bahasa, sudah pasti mayoritasnya berbahasa Arab. Kalau antum seorang yang hobi muthola’ah, masuk ke toko itu rasanya tidak mau keluar lagi, karena selain servicenya yang memuaskan, lokasinya yang bagus, ruanganya yang teratur, bersih, dan full AC juga dilengkapi dengan ruang baca yang cukup luas. Disini saya tidak bermaksud membanggakan atau mempropagandakan toko buku itu, tetapi yang penting disaat saya berada disana, sambil melihat buku-buku untuk anak-anak, pandangan saya mentok ke sebuah buku yang cukup menarik bagi saya berjudul “Atlas Al Quran ” dikarang oleh Syauqi Abu Khalil. Buku ini mengungkapkan dengan gamblang sejarah para Rasul dan menguraikan secara rinci tempat-tempat dimana mereka diutus, kota-kota dimana mereka dilahirkan dan kemana mereka berhijrah, pula dalam buku itu terdapat foto-foto peninggalan mereka, tulisan-tulisan dan peta-peta berwarna yang menggambarkan kejadian dan tempat dimana mereka diturunkan.

Sebagaimana telah disebut dalam sunah Nabi saw, bahwa bilangan para rasul yang diutus oleh Allah ada 24000 rasul, adapun yang disebut dalam al Quran hanya 25 sesuai dengan firman Allah

“Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, diantara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan diantara mereka ada yang tidak Kami ceritakan kepadamu” al-Ghafir, 78.

Karena sedikitnya bilangan mereka yang diketahui dan banyak diantara kita yang tidak mengetahui tempat dimana mereka diutus, dilahirkan dan berhijrah, maka saya ringkaskan alakadarnya apa yang terdapat dalam buku tsb diatas. Semoga bermangfaat.

Nabi Adam:

Menurut riwayat, bahwa Adam diturunkan di India, sesuai dengan hadits Nabi saw dari Abi Hurairah “Sesungguhnya Adam diturunkan di negeri India”

Nabi Idris:

Lahir di Mesir, ada lagi yang meriwayatkan bahwa beliau lahir di Babil – Iraq, kemudian beliau berhijrah ke Mesir.

Nabi Nuh:

Ditutus di sebelah selatan Iraq, sekitar kota Kufah, sedangkan gunung Al Judi, tempat dimana perahu beliau terdampar setelah tofan terletak di perbatasan antara Syria dan Turkey.

Nabi Huud :

Diutus kepada kaum A’ad yang menduduki al Ahqof  terletak di sebelah utara Hadhramut.

Nabi Soleh :

Diutus kepada kaum Tsamuud “Ashaburras” di daerah sekitar  Madain Soleh , Al-u’la dan Taima di Saudi Arabia.

Nabi Ibrahim Al Khalil :

Bapak para nabi-nabi, lahir di kota Kutsi (sebelah selatan Iraq) dan dibesarkan di kota Ur al-Kaldaniah. Beliau berhijrah setelah dianiaya dan dibakar oleh kaumnya ke kota Harran, sebelah utara Jaziratul Arab, kemudian ke Palistina, Mesir dan Makkah (disana beliau tinggalkan istrinya Hajar dan anaknya Ismail). Kemudian kembali ke Palestina dan wafat di kota al Khalil.

Nabi yusuf :

Dimasukkan kedalam sumur yang terletak di luar kota al Quds. Setelah ditemukan oleh kafilah beliau dibawa ke Mesir dan dijual di kota al Hiksus Afaris yang sekarang tempat itu dinamakan Shon al-Hajar dekat danau Al Manzalah.

Nabi Syuaib :

Diutus kepada kaum Madyan di sebelah barat Laut Merah. Peninggalan-peninggalan / rumah-rumah mereka terdapat diantara teluk al Aqobah sebelah utara Jordan dan kota Dhoba sebelah selatan Saudi.

Nabi Musa :

Lahir di ibu kota Firaun ” Thibah ” yang sekarang dinamakan kota al-Uqsur, kemudian beliau lari ke negeri Madyan dekat Jordan, disana beliau menikah dengan putri Nabi Syuaib. Setelah itu beliau kembali ke Mesir, kemudian keluar bersama-sama bani Israil ke Palestina dan wafat di kota Sina.

Ilyas dan Ilyasa :

Keduanya ditutus kepada Ashabul Qoryah yaitu di kota Antokia – Turkey

Nabi Daud dan Nabi Sulaiman :

Diutus di Palestina dan hidup di sana sebagai raja. Nabi Daud menguasai kota al Quds pada tahun 1000 sebelum Masehi

Nabi Ayyub :

Hidup dan dibesarkan di kota Adum sebelah selatan Laut Mati, sebagaian lagi meriwayatkan beliau hidup di kota al Butsainah dekat Damaskus

Nabi Yunus :

Diutus di Ninawa dekat kota Musil- Iraq, kemudian berusaha untuk hijrah ke Tunis melalui Yafa dalam perjalanan beliau ditelan ikan.

Nabi Yahya :

anak Nabi Zakaria keduanya ditutus di Baitul Maqdis.  Nabi Yahya disembelih di Quds dan kepalanya dihadiahkan kepada seorang raja dari Bani Israil

Nabi Isa al Masih :

lahir di Betlahem, hidup dan dibesarkan di al Nasirah. Telah diriwayatkan bahwa keberangkatan beliau ke Mesir besama Yusuf al Najjar

Dan terakhir :

Lukman al Hakim

Beliau anak saudara perempan Nabi Ayyub, ada lagi yang meriwayatkan misanan Nabi Ayyub dari ibu. Beliau asalnya dari Nubah sebelah utara Sudan. Menurut Ibnu Abbas beliau bukan seorang Nabi atau raja. Akan tetapi beliau adalah seorang pengembala kambing yang dimerdekakan majikanya.

Kesimpulannya :

Dari hikmah Ilahiah, kalau kita perhatikan uraian diatas kita bisa mengambil dua kesimpulan.

Pertama, kebanyakan para nabi dan rasul diutus kepada Bani Israil.

Kedua, tidak ada rasul atau nabi yang diutus di Eropa atau Amerika, di Australia atau di Rusia akan tetapi hampir semua para rasul dan nabi diutus di negara-negara Arab, terutama di negara Palestina dan sekitarnya yang sekarang ini menjadi pusat  konflik yg tidak berkesudahan antara agama Yahudi, Nasrani dan Islam .

Allah berfirman:

وَلَقَدْ جَاءَهُمْ مِنَ الْأَنْبَاءِ مَا فِيهِ مُزْدَجَرٌ
حِكْمَةٌ بَالِغَةٌ ۖفَمَا تُغْنِ النُّذُرُ

“Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka beberapa kisah yang di dalamnya terdapat cegahan (dari kekafiran). Itulah suatu hikmah yang sempurna maka peringatan-peringatan itu tiada berguna bagi mereka” al Qamar, 4-5

Wallahua’lam, Hasan Husen Assagaf, 25 Agustus 2006

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s