Hasan Husen Assagaf

♣ Niat Baik

Posted by HASAN HUSEN ASSAGAF pada Mei 28, 2011

Seorang pria bangun pagi-pagi buta untuk sholat subuh di Masjid. Dia berpakaian, berwudhu dan berjalan menuju masjid. Di tengah jalan menuju masjid, ia jatuh dan pakaiannya kotor. Ia bangkit, membersihkan bajunya, dan pulang kembali ke rumah. Di rumah, ia berganti baju, berwudhu, dan lagi berjalan menuju masjid.

Dalam perjalanan kembali ke masjid, ia jatuh lagi di tempat yg sama. Ia, sekali lagi, bangkit, membersihkan dirinya dan kembali kerumah. Di rumah, ia sekali lagi berganti baju, berwudhu dan berjalan menuju masjid. Di tengah jalan menuju masjid, ia bertemu seorang pria yang memegang lampu. Dia menanyakan identitas pria tsb, dan pria itu menjawab “Saya melihat anda jatuh dua kali di perjalanan menuju masjid, jadi saya bawakan lampu untuk menerangi jalan anda.”

Pria pertama mengucapkan terima kasih atas kebaikannya dan mereka berdua berjalan menuju masjid. Saat sampai di masjid, pria pertama mempersilahkan kepada pria yang membawa lampu agar masuk dan sholat subuh berjama’ah. Pria kedua menolak. Pria pertama mengajak lagi hingga berkali-kali dan lagi jawabannya sama.

Akhirnya, pria pertama bertanya, “Kenapa anda menolak untuk masuk dan sholat?”. Pria kedua menjawab “Aku adalah Setan”. Pria itu terkejut dengan jawaban pria kedua. Setan kemudian menjelaskan, “Saya melihat kamu berjalan ke masjid, dan sayalah yg membuat kamu terjatuh. Ketika kamu pulang ke rumah, membersihkan badan dan kembali ke masjid, Allah memaafkan semua dosa-dosamu. Kemudian saya membuatmu jatuh kedua kalinya, dan bahkan itupun tidak membuatmu merubah pikiran untuk tinggal di rumah saja, kamu tetap memutuskan kembali masjid. Karena hal itu, Allah memaafkan dosa-dosa seluruh anggota keluargamu. Saya khawatir jika saya membuatmu jatuh untuk yang ketiga kalinya, jangan-jangan Allah akan memaafkan dosa-dosa seluruh penduduk desamu, jadi saya harus memastikan bahwa anda sampai dimasjid dgnselamat.”

Cerita ringan tapi kita bisa mengambil hikmah jangan sekali kali kita melepaskan niat kita semasih niat itu kita pandang baik. karena kita tidak tahu ganjaran yang akan kita dapatkan dari Allah. Begitu pula jangan biarkan setan mendapatkan keuntungan dari setiap perbuatan buruk yang kita sudah niati untuk meninggalkanya, karena kita tahu berapa banyak dosa yang dibebani kepada kita.

Pointnya, bersabarlah dalam segala kesulitan yg kita temui dalam usaha kita untuk melaksanakan niat baik tersebut.

Pentingnya Sholat Subuh

Seperti yang diceriterakan di dalam Al Qur’an bahwa shubuh menjadi waktu peralihan sebagai penanda berakhirnya alam jahiliah menuju cahaya tauhid, dimana Kaum ‘Ad, Tsamud, & kaum durhaka lainnya dihancurkan pada waktu subuh.

Shalat Subuh merupakan sumber dari segala sumber cahaya di hari kiamat Di hari itu, semua sumber cahaya di dunia akan dipadamkan…! Kecuali Cahaya Subuh Berjamaah yang diberikan kepada orang orang Mukmin.

Banyak sekali hadits yang mendorong untuk melaksanakan shalat Shubuh, dan menyanjung mereka yang menjaganya. Rasullullah bersabda: ” Dua rakaat fajar (shalat sunnah sebelum subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya”. (HR. Muslim).

Dan jika mereka mengetahui apa yang tersimpan di dalam shalat Shubuh maka mereka akan mendatanginya walau dengan merangkak (HR. Bukhari)

Rasullullah bersabda: “Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan (subuh dan Isya’) menuju masjid dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat” (HR. Abu Dauwud, At-Tirmidzi).

Lalu bagi kaum Muslimin… Apa yg menghalani kita untuk salat subuh di masjid …?

Banyak sekali telah menjadi contoh nyata… Bahwa sholat Subuh Berjamaah di Masjid memberi keberkahan..

Mari Menggalakkan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid.

Wallahua’lam

Hasan Husen Assagaf

8 Tanggapan to “♣ Niat Baik”

  1. munandar said

    subhanallah,insya allah hati saya bs terjaga utk selalu mempunyai niat baik itu.amien
    ijin utk share yg pak.terima kasih

  2. Subhanallah, begitu besar pahala orang yang punya niat baik, sampai setan tidak mengahalangi lagi karena niat baik seseorang bisa mengampuni dosa orang lain. Yth Habib Hasan Husen Assagaf, mohon izin copy artikel ini.

  3. Subhanallah

  4. jazakumullah ahsanal jaza’

  5. razali. aw said

    5. semoga kita semua menjadi hamba Allah yang selalu bersyukur

  6. razali. aw said

    Semoga kita semua menajadi hamba Allah yang bersyukur

  7. razali. aw said

    Semoga kita semua menjadi hamba Allah yang bersyukur

  8. Mukhamad Solikhin said

    Subhanallah….
    Ijin share ya Bib..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: