Hasan Husen Assagaf

♣ Jangan Takut Salah

Posted by HASAN HUSEN ASSAGAF pada Agustus 30, 2015

Jangan Takut Berbuat Salah

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah.” Az-Zumar 53

Ana pernah posting hikmah dari Imam Syafie, beliau berkata:

Jika anda benar 99 kali dan satu kali salah, orang akan melupakan yg benar dan mengiklankan yg salah… Sebaliknya jika anda salah 99 kali dan satu kali bertaubat, Allah akan melupakan yg salah dan menerima taubatnya.. Itu perbedaan antara manusia dan Allah.

Makanya, jangan takut dengan kesalahan dan jangan berputus asa dengan rahmat Allah. Karena kadang-kadang kesadaran kita dengan kesalahan bisa membawa kebaikan dan berkat. Simak kisah di bawah:

Tahun 66, sebelum era komputer dan elektronik, seorang juru tik yang ceroboh di Texas, mencari cara untuk memperbaiki kesalahan ketiknya.

Ia menemukan cat putih di garasi yang diencerkan dengan cairan pengencer, lalu mulai menghapus kesalahannya dengan ‘cat’ itu. Ia menunggu cat itu kering lalu mengetikkan ejaan yang benar.

Rekan-rekannya menyukai gagasannya dan ingin membeli larutan buatannya. Gagasan itu kemudian menjadi populer, sampai perusahaan 3M membeli produk dan gagasannya dengan harga tiga juta dolar.

Dan akhirnya , dunia mengenalnya sebagai Type-Ex, sebuah cara utk pnghapus kesalahan tulis. Ternyata sebuah kesalahan pun dapat menjadi ide brilian.

Makanya, tidak perlu malu karena pernah berbuat kesalahan, selama hal itu dapat menjadikan kita lebih bijaksana dari sebelumnya. Keterbatasan pengetahuan, ketidaktahuan, lupa, dan masih banyak hal lain dapat membuat kita salah dalam bertindak dan mengambil keputusan.

Dalam hidup, kita pasti melakukan kesalahan. Karena kita manusia biasa bukan Nabi saw. Namun, yang penting adalah kenali kesalahan-kesalahan itu dan belajarlah darinya, supaya kita jangan terus berkubang di kesalahan yang sama.

Orang bijak bilang: “Satu-satunya orang yang tidak membuat kesalahan adalah orang yang tidak pernah melakukan apa-apa.”

Nah.. kalua gitu jangan takut dengan kesalahan dan jangan putus asa dengan rahmat Allah. Kadang-kadang kebijaksanaan itu lahir dari kesalahan.”.

Riyadh 24/08/2015, Hasan HS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: