Hasan Husen Assagaf

♣ Imam Ghazali Dan Seekor Laler

Posted by HASAN HUSEN ASSAGAF pada September 7, 2015

Ass wr wb..

Pagi cerah.. penuh berkah.. kita sambut dengan meriah.. rasa syukur dan pasrah.. karena masih diberi umur panjang yg barkah.. bisa nafas free dan cuma cuma..

Saudara seiman..

Siapa sih yang ga kenal sama imam Ghazali.. Beliau adalah Muhammad bin Muhammad bin Muhammad al Ghazali..

Beliau orang hebat luar biasa.. guru sufi.. guru filosof … guru teolog muslim.. Asal tahu aja beliau dari Persia (Iran).. dari daerah namanya ath-Thusi.. dan yang keren lagi madzhabnya Syafi’i 👍👍.. beliau hidup pada 450 H –505 H.. orang bule bilang Algazel..

Imam Al-Ghazali adalah seorang ulama.. ahli fikir.. ahli falsafah Islam.. cerdasnya minta ampun.. daya ingetnya luar biasa.. pintar dalam berhujjah mangkanya dinamain Hujjatul Islam.. ga sedikit sumbangannya bagi kemajuan islam dan manusia.. karyanya hebat2.. seabrek abrek.. banyak sekali.. karyanya yang paling top adalah: Ihya Ulumuddin..

Yang penting ana ga bisa ceritain kehebatannya yang segudang.. tapi ada kisah menarik tentang beliau.. ceritanya begini:

Pada suatu hari Imam al-Ghazali lagi nulis kitab.. Pada waktu itu orang kalo nulis harus menggunakan tinta yang ditaro di mangkok dan sebatang pena.. kalo mau nulis penanya harus dicelupin dulu kedalam tinta.. abis dicelup baru dipakai untuk menulis.. kalo abis tinta yang di pena.. dicelup lagi dan menulis lagi… Begitu seterusnya..

Waktu dia sibuk menulis.. tiba2 seekor laler nemplok di mangkuk tinta.. keliatannya itu laler lagi kehausan.. laler minum tinta di mangkuk itu… Melihat itu.. Imam al-Ghazali diamin itu laler ga diusir.. ga digeprak..

Waktu imam Al-Ghazali meninggal.. seorang ulama teman dekat beliau ngimpiin beliau… Dalam mimpinya terjadi dialog.. begini dialognya:

Teman: Wahai imam.. apa yang Allah perbuat kepada ente?..

Al-Ghazali: Allah telah menempatkan ana di tempat yang paling baik..

Teman: Amal apa yang sampai ente ditempatkan Allah ditempat yang paling baik itu? Apakah itu karena ilmu ente.. atau banyaknya kitab-kitab bermanfaat yang ente tulis?..

Al-Ghazali: Tidak sobat.. Allah memberi ana tempat yg terbaik karena pada saat ana menulis.. ana kasih kesempatan kepada seekor laler yang kehausan minum dari mangkok tinta.. ana lakukan itu kerana ana tahu dia makhluk Allah butuh minum…

Dialog selesai..

Dari kisah sufi tersebut memberi kita hikmah luar biada bahwa ga ada salahnya kalo kita menolong mahluk Allah…Bayangin coba.. hanya sekedar membiarkan laler minum bisa menjadikan orang masuk surga.. apalagi kasih makan manusia..

Ada satu hadits diriwayatkan Bukhatri Muslim.. bahwa seorang pelacur bisa masuk surga kerena kasih minum anjing kehausan… bayangin coba.. cuman kasih minum anjing kehausan bisa masuk surga..

Ada juga hadits yang diriwayatkan sama.. bahwa ada seorang wanita masuk neraka jahannam kerana menyiksa seekor kucing.. kucing dikurung ga dikasih makan sampe mati..

Mangkanya jangan remehin perbuatan yang kita anggap kecil.. karna semua ada hisabnya di akhirat nanti..

لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

“Janganlah kamu meremehkan kebaikan sedikit pun juga walau engkau hanya kasih senyum manis kepada saudaramu” (HR. Muslim)

Salam pagi..Hasan Husen Assagaf

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: