Hasan Husen Assagaf

♣ Surat Dan Stempel Nabi

 

Al-Qura’n turun melalui Jibril as kepada Nabi saw bukan dengan tulisan tapi dengan lisan. Bahkan ayat pertama yang turun kepada beliau bukan “Uktub” atau “Tulislah” tapi ayat pertama turun berbunyi “Iqra’” artinya “Bacalah”. Dari salah satu mu’jizat Nabi saw yang terbesar adalah bahwa beliau itu buta huruf, tidak bisa membaca dan menulis. Tapi kok wahyu yang turun kepada beliau dari Allah baik melalui Jibril atau langsung bisa diterimanya? Karena ingatan dan hapalan Nabi saw super hebat, luar biasa tidak bisa disamakan dengan ingatan dan hapalan orang orang biasa. Maka semua wahyu yang dibacakan Jibril as yang turun dari Allah kepada beliau bisa langsung melekat di ingitan Nabi saw tidak bisa terlepas lagi.

Jelasnya, kalau ada orang mengatakan bahwa Nabi saw itu pintar menulis berarti dia bodoh tidak mengetahui sejarah Nabi saw atau berarti dia telah melecehkan Islam. Orang pintar pada masa Nabi saw bukan orang yang pandai menulis tapi yang hebat pada zaman itu adalah orang yang hapalanya kuat. Kalau begitu menulis bukalah budaya orang Arab. Orang Arab di masa itu merasa malu jika diketahui ia pandai menulis. Karena mereka mengandalkan diri mereka kepada hapalan. Orang yang pandai menulis berarti hapalannya tidak kuat.Tapi Islam adalah agama terbuka dan bisa menerima budaya.

Contohnya setalah wafatnya Nabi saw, para sahabat mulai mengumpulkan Al-Qur’an dari penghapal penghapal agar mu’jizat Nabi itu tidak putus dan habis sepeninggalan mereka atau sehabis para penghapal itu wafat. Maka terbentuklah “lajnah” untuk mengumpulkan Al-Qur’an dan ini tentu memerlukan waktu dan tenaga luar biasa. Setelah terkumpul mulailah mereka menulis demi untuk menjaga keselamatan Al-Qur’an dari tangan tangan kotor dan memeliharanya agar tetap bersih, murni dan terjaga“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur’an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” al-Hijr 9.

Begitu pula hadist hadist Nabi saw yang diriwayatkan atau disampaikan dengan lisan memiliki kedudukan yang lebih kuat daripada riwayat yang disampaikan dengan tulisan. Walaupun demikian, Islam adalah agama terbuka dan menerima budaya yang datang dari luar, atau menerima cara orang lain selama budaya dan cara mereka itu baik tidak keluar dari rel rel syariat Allah. Contohnya adalah pengumpulan Al-Quran dan hadist-hadist Nabi saw, pembuatan surat surat Nabi saw yang dikirim kepada raja raja dan penguasa penguasa dunia setelah Islam mulai kuat di Madinah dan mulai berkembang luas ke seluruh penjuru.

Banyak budaya dan cara orang lain masuk ke dunia Islam dan diterima semasih budaya dan cara itu bisa diterima kebenaranya. Contohnya setelah Rasulallah saw memerintahkan para sahabat membuat surat kepada raja-raja dan penguasa-penguasa dunia mengajak mereka masuk ke agama Islam, salah seorang sahabat mengatakan bahwa orang-orang kafir tersebut tidak mau menerima surat tanpa distempel lebih dahulu, maka Nabi saw memerintahkan para sahabat untuk membuatkan baginya stempel. Kemudian dibuatlah stempel berupa cincin yang berukiran kalimat “Muhammad Rasulullah“.  Stempel ini dikenakan Nabi saw di tangan kanan beliau sampai beliau wafat. (Lihat foto stempel Nabi).

Semua surat surat Nabi saw yang dikirim kepada raja dan penguasa dunia disambut dengan baik dan sangat dihargai sekali oleh mereka kecuali surat beliau yang dikirim kepada Kisra atau Khosrau II (Penguasa Persia). setibanya surat beliau dan sehabis dibaca surat beliau dirobek robek oleh Khosrau. Rasulallah berdoa: “Ya Allah robek robeklah kerajaannya”.

Kalau kita membaca isi surat-surat Nabi saw yang dikirim untuk penguasa-penguasa dunia kita bisa lihat dengan jelas bahwa Rasulallah saw adalah seseorang yang ahli berdeplomasi dan sangat pintar bersiasat. Kita bisa lihat bahwa beliau sangat menghargai dan memuliakan kedudukan mereka sebagai penguasa dunia.

Di bawah ini terlampir 4 surat Nabi saw:

1- Surat Nabi saw untuk Raja Negus, Najasyi – Pengusaha Ethiopia (lihat foto)

Isi surat:

Dari Muhammad utusan Islam untuk An-Najasyi, penguasa Abyssinia (Ethiopia). Salam bagimu, sesungguhnya aku bersyukur kepada Allah yang tidak ada Tuhan kecuali Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, dan aku bersaksi bahwa Isa putra Maryam adalah ruh dari Allah yang diciptakan dengan kalimat Nya yang disampaikan Nya kepada Maryam yang terpilih, baik dan terpelihara. Maka ia hamil kemudian diciptakan Isa dengan tiupan ruh dari-Nya sebagaimana diciptakan Adam dari tanah dengan tangan Nya. Sesungguhnya aku mengajakmu ke jalan Allah. Dan aku telah sampaikan dan menasihatimu maka terimalah nasihatku. Dan salam bagi yang mengikuti petunjuk

2- Surat Nabi saw untuk Raja Heraclius, Kaisar Romawi (lihat foto)

Isi surat:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dari Muhammad utusan Allah untuk Heraclius Kaisar Romawi yang agung. Salam bagi siapa yang mengikuti petunjuk. Salain dari pada itu, sesungguhnya aku mengajak kamu untuk memeluk Islam. Masuklah kamu ke agama Islam maka kamu akan selamat dan peluklah agama Islam maka Allah memberikan pahalah bagimu dua kali dan jika kamu berpaling maka kamu akan menanggung dosa orang orang Romawi. “Katakanlah: Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatu pun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”. Al-Imron 64

3- Surat Nabi saw untuk Raja Khosrau II, Penguasa Persia (lihat foto)

Isi surat:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dari Muhammad utusan Allah untuk Khosrau, penguasa Persia yang agung. Salam bagi orang yang mengikuti petunjuk, beriman kepada Allah dan RasulNya, dan bagi orang yang bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah, Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan bagi yang bersaksi bawha Muhammad itu hamba Nya dan utusan Nya. Aku mengajakmu kepada panggilan Allah sesungguhnya aku adalah utusan Allah bagi seluruh manusia supaya aku memberi peringatan kepada orang-orang yang hidup (hatinya) dan supaya pastilah (ketetapan azab) terhadap orang-orang kafir. Peluklah agama Islam maka kamu akan selamat. Jika kamu menolak maka kamu akan menanggung dosa orang orang Majusi.

4- Surat Nabi saw untuk Al-Muqawqis, Penguasa Mesir (lihat foto)

Isi surat:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dari Muhammad bin Abdullah utusan Allah, untuk al-Muqawqis penguasa Mesir yang agung. Salam bagi siapa yang mengikuti petunjuk. Selain dari pada itu, aku mengajakmu kepada panggilan Allah. Peluklah agama Islam maka kamu akan selamat dan Allah akan memberikan bagimu pahala dua kali. Jika kamu berpaling maka kamu akan menanggung dosa penduduk Mesir.“.

 

Setelah al-Muqawqis membaca surat Nabi saw, ia membalas surat beliau dan memberikam kepada beliau dua hadiah. Hadiah pertama berupa dua budak belian bernama Maria binti Syamu’n al-Qibthiyyah yang dimerdekakan Nabi saw dan menjadi istri beliau, darinya Rasulallah saw mendapatkan seorang anak yang diberi nama Ibrahim (wafat semasih kecil), nama ini diambil dari nama kakek beliau Nabi Ibrahim as. Dan budak kedua adiknya sendiri Sirin binti Syamu’n Al-Qibthiyyah yang dikawini Hassan bin stabit ra, sastrawan unggul pada zaman Nabi saw. Hadiah kedua berupa kuda untuk tunggangan beliau.

Artikel ini pernah dimuat di Republika online, klik: http://www.republika.co.id/kolom_detail.asp?id=335688&kat_id=16

Walau’alam/ Hasan Husen Assagaf

Stempel Nabi saw

Stempel Nabi saw

Surat Nabi Untuk Najasyi

Surat Nabi saw untuk Raja Negus, Najasyi – Ethiopia

Surat Nabi saw untuk Raja Heraclius (Kaisar Romawi)

surat-nabi-untuk-kisra-raja-furs_page_1

Surat Nabi saw untuk Raja Khosrau II (Penguasa Persia)

Surat Nabi Untuk Muqauqis

 

 

Semua surat surat Nabi saw yang dikirim kepada raja dan penguasa dunia disambut dengan baik dan sangat dihargai sekali oleh mereka kecuali surat beliau yang dikirim kepada Kisra atau Khosrau II (Penguasa Persia). setibanya surat beliau dan sehabis dibaca surat beliau dirobek robek oleh Khosrau. Rasulallah berdoa: “Ya Allah robek robeklah kerajaannya”.

 

Kalau kita membaca isi surat surat Nabi saw yang dikirim untuk penguasa penguasa dunia kita bisa lihat dengan jelas bahwa Rasulallah saw adalah seseorang yang ahli berdeplomasi dan sangat pintar bersiasat. Kita bisa lihat bahwa beliau sangat menghargai dan memuliakan kedudukan mereka sebagai penguasa dunia.

 

Di bawah ini terlampir 4 surat Nabi saw:

1- Surat Nabi saw untuk Raja Negus (Penguasa Ethiopia)

 

Isi surat:

Dari Muhammad utusan Islam untuk An-Najasyi, penguasa Abyssinia (Ethiopia). Salam bagimu, sesungguhnya aku bersyukur kepada Allah yang tidak ada Tuhan kecuali Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, dan aku bersaksi bahwa Isa putra Maryam adalah ruh dari Allah yang diciptakan dengan kalimat Nya yang disampaikan Nya kepada Maryam yang terpilih, baik dan terpelihara. Maka ia hamil kemudian diciptakan Isa dengan tiupan ruh dari-Nya sebagaimana diciptakan Adam dari tanah dengan tangan Nya. Sesungguhnya aku mengajakmu ke jalan Allah. Dan aku telah sampaikan dan menasihatimu maka terimalah nasihatku. Dan salam bagi yang mengikuti petunjuk.

 

2- Surat Nabi saw untuk Raja Heraclius (Kaisar Romawi)

 

Isi surat:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dari Muhammad utusan Allah untuk Heraclius Kaisar Romawi yang agung. Salam bagi siapa yang mengikuti petunjuk. Salain dari pada itu, sesungguhnya aku mengajak kamu untuk memeluk Islam. Masuklah kamu ke agama Islam maka kamu akan selamat dan peluklah agama Islam maka Allah memberikan pahalah bagimu dua kali dan jika kamu berpaling maka kamu akan menanggung dosa orang orang Romawi. “Katakanlah: Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatu pun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”. Al-Imron 64

 

3- Surat Nabi saw untuk Raja Khosrau II (Penguasa Persia)

 

Isi surat:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dari Muhammad utusan Allah untuk Khosrau, penguasa Persia yang agung. Salam bagi orang yang mengikuti petunjuk, beriman kepada Allah dan RasulNya, dan bagi orang yang bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah, Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan bagi yang bersaksi bawha Muhammad itu hamba Nya dan utusan Nya. Aku mengajakmu kepada panggilan Allah sesungguhnya aku adalah utusan Allah bagi seluruh manusia supaya aku memberi peringatan kepada orang-orang yang hidup (hatinya) dan supaya pastilah (ketetapan azab) terhadap orang-orang kafir. Peluklah agama Islam maka kamu akan selamat. Jika kamu menolak maka kamu akan menanggung dosa orang orang Majusi.

4- Surat Nabi saw untuk Al-Muqawqis (Penguasa Mesir)

Isi surat:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dari Muhammad bin Abdullah utusan Allah, untuk al-Muqawqis penguasa Mesir yang agung. Salam bagi siapa yang mengikuti petunjuk. Selain dari pada itu, aku mengajakmu kepada panggilan Allah. Peluklah agama Islam maka kamu akan selamat dan Allah akan memberikan bagimu pahala dua kali. Jika kamu berpaling maka kamu akan menanggung dosa penduduk Mesir.“.

 

Setelah al-Muqawqis membaca surat Nabi saw, ia membalas surat beliau dan memberikam kepada beliau dua hadiah. Hadiah pertama berupa dua budak belian bernama Maria binti Syamu’n al-Qibthiyyah yang dimerdekakan Nabi saw dan menjadi istri beliau, darinya Rasulallah saw mendapatkan seorang anak yang diberi nama Ibrahim (wafat semasih kecil), nama ini diambil dari nama kakek beliau Nabi Ibrahim as. Dan budak kedua adiknya sendiri Sirin binti Syamu’n Al-Qibthiyyah yang dikawini Hassan bin stabit ra, sastrawan unggul pada zaman Nabi saw. Hadiah kedua berupa kuda untuk tunggangan beliau.

Artikel ini pernah dimuat di Republika online, klik: 

http://www.republika.co.id/kolom_detail.asp?id=335688&kat_id=16

Walau’alamHasan

Husen Assagaf

34 Tanggapan to “♣ Surat Dan Stempel Nabi”

  1. nuy said

    wow,,,, keren banget…

  2. kanadakurniawan said

    subhanallah sangat menarik, mas coba dibukukan donk
    insyaallah saya daftar jadi pembelinya

  3. budi daei said

    Assalammu’alaika yaa Rasulullah saaw… Yaa wajihan indallah, isfa’lanaa indallah…

  4. yanizar said

    luar biasa , fantastis ! semoga allah membalas semua kebaikan ini dengan pahala yang berlipat ganda terima kasih banyak kami haturkan untuk pengirimnya

  5. tomz said

    mohon ijin untuk mengambil foto2 nya..copy n save..
    kapan lagi saya bisa punya foto begini..

  6. Sukesi WS said

    saya juga mau izin tuk copy

  7. FaiS said

    SubhAnALLAH..

  8. solihin said

    izin menkopi, mudah-mudahan bermanfaat, amin

  9. wiewa said

    subhanallah mantep banget…

  10. wiewa said

    subhanallah indah banget..

  11. عرفان said

    حزين جدا أراه
    وأنا سعيد جدا
    عظمة الله جميلة جدا
    أنا أحبه وأسرته منذ ولدت حتى الآن

  12. amantubillah said

    mohon izin mengkopi semua foto bersejarahnya ya…
    moga pengasuh blog ini selalu dalam limpahan berkahNya selalu…amien

  13. sriboxerrahmawati said

    Subhanallah,,,terpaku melihat semua yg ada dan tak sangup hati ini tuk mengingkariNya…
    Semoga ALLAH swt. sll melindungi dan memberkati orang2 yg dipilihNya membagi ilmu dan amalnya pada qt semua,,
    amiiinn,,,,,

  14. miftahudin said

    subhanaloh…..

  15. makmunudin elqib said

    jazakalloh ya habib,untuk teman2 seiman sangat penting tuk di mengerti tentang peninggalan2 nabi untuk menambah wawasan hasanah keilmuan dan tambah mantab keislamannya,jangan hanya pengetahuan umum aja yg dikuasai sedangkan pengetahuan tentang islam malah banyak yg terlupakan.

  16. jauhary said

    ana pernah dengar dn baca bahwa surat Nabi untuk raja persia disobek-sobek oleh kisra dan utusan yg membwa surat itu dibunuh,.. tapi itu knpa masih ada suratx yg relatif masih utuh? perlu pnjelasan dlm hal ini…….

  17. Syaichu said

    Allohumma solli Ala sayyidina Muhammad

  18. fachruddin M. dani said

    Naskahnya aku kopy … bolehka … ? Trims.

  19. abda'oe said

    situs ini bagus demi syiar islam

  20. muhammad bugie irawan said

    jazakalllah akh sangat bagus untuk mengingatkan kembali kita sebagai umat muslim yang wajib mempelajari sirah….

  21. tinton said

    subhaanallah

  22. ernawati said

    Allah akbar……..dengan kecanggihan tegnologi km bs melihat surat2 bersejarah Rasulullah SAW,Hamba pilihanMu yg berjuang dijalanMu,Subhanallah,trmksh yg sebesar besarnya Ustaz,semoga Ustaz selalu dalam berkah dan ridhonya,semua yg terlibat sehingga km bs melihat dan merasakan nikmat yg berkah ini.Amin

  23. addon said

    semakin tambah cinta kepada Nabi Muhammad saw , shollallahu ‘alaa muhammad

  24. Sholawat keselamatan dan kebesaran semoga tetap atasmu wahai Junjungan Hamba Bgainda Rosul sampai Yaumil Akhir, kami mengharap syafaat Mu kelak di Yaumul Hisab ! Betapa Agung KepemimpinanMu betul2 suri tauladan buat kami.

  25. khusna khairunnisa said

    subhanallah…
    serasa nabi kita tercinta masih hidup saat ini, walau sekian ratus tahun beliau sudah wafat, tapi ketauladanan beliau sungguh masih terasa. aku rindu padamu ya kekasih Alloh, Muhammad…

  26. muhamad nur ali said

    izinkan saya mau copy buat pelajaran anak-anak . jazakumullah

  27. Eko Sandra said

    Ya Allah Puji Syukur Atas Semua rahmat Dan kasih Sayang Mu Ya Allah Sehingga Hamba Kau Lahirkan Dalam Beragam Islam , Tiada Bisa hamba bayangkan Apabila hamba Kau lahirkan Dari Orang Yang Bukan beragama Islam , Sehingga kemungkinan hamba Bisa Berjalan Menuju Neraka , Allahumma Sali ‘alla Muhammad …..

  28. subhanallah..
    izin mengcopy naskahnya. sangat bermanfaat..
    terima kasih…

  29. Alang kah indah ya bumi kita ya allah. Kita harus bersuykur atas ihma dan rezeki mu ya allah

  30. Subhanallah,..Apakah benar Muhammad itu tidak bisa tulis baca? Bukankah pada waktu itu banyak yg bisa baca tulis di antara Sahabat2 Beliau?? Ketika Jibril memerintahkan Nabi utk membaca mengatakan Iqra,..kalau perintahnya utk menghafal tentunya dgn “Haffiz”…Aneh banget,..

  31. […] ♣ Foto Surat Dan Stempel Nabi […]

  32. ahmad bonadi said

    ijin share ya habib sukron

  33. subhanallah begitu mulianya nabi besar kita muhammad saw, dengan suratnya saja yang sudah berusia ribuan tahun masi awet sampai sekarang ini dn hal ini merupakan kekuasaan Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang

  34. Subhannallah..Maha Suci Allah…
    Terima kasih atas artikel ini….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: