Hasan Husen Assagaf

♣ Foto Masjid Al-Aqsha’ dan Qubbah Al-Shakhra’

Apa yang anda ketahui tentang Masjid al-Aqsha?   

Perhatikanlah setiap saat disebut nama masjid Al-Aqsha selalu yang ditampilkan adalah masjid Qubah Al-Shakhra’ bukan masjid Al-Aqsha. Dan banyak diantara kita yang tidak tahu bagaimana bentuknya masjid Al-Aqsha’. Hal ini kembali kepada maksud Yahudi untuk menghapus masjid Al-Aqsha’ dari ingatan muslimin. Mereka sengaja atau tidak sengaja selalu menampilkan foto masjid Qubbah al-Shakhra dan mengenyampingkan masjid Al-Aqsha sehingga ia lebih tenar dan dikenal dikalangan masyarakat muslim atau non muslim ketimbang masjid Al-Aqsha. 

Masjid Al-Aqsha adalah masjid yang Rasulallah saw bermi’raj bersama sama Jibril ke langit, dan sebelum naik ke langit beliau sholat bersama sama para nabi dari mulai nabi Adam as sampai nabi Isa as. Allah telah memberi keberkahan kepada masjid tsb dan tempat2 di sekelilingnya, sesuai dengan Firman Allah: 

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidilharam ke Al Masjidilaksa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”

 

 

Perhatikan perbedaan atara Masjid Qubbah Al-Shakhra dan masjid Al-Aqsha

 

Masjid Qubbah Al-Shakhra

Masjid al-Aqsha’

    

Masjid Al-Aqsha

Masjid Al-Aqsha

aqsa

113

Bukit dimana Rasulallah saw naik ke langit disaat Mi’raj berada di dalam masjid Al-Aqsha

64 Tanggapan to “♣ Foto Masjid Al-Aqsha’ dan Qubbah Al-Shakhra’”

  1. anang_kataya said

    mas bisa kasih info yang lebih banyak tentang ini….
    sejarah…
    bukti-bukti sejarah…
    saya pernah denger waktu kecil tentang ini..
    tapi saya masih belum yakin…
    dan kenapa terjadi demikian?

    • Salah satu sumber internet mengatakan bahwa: sebenarnya foto masjid tersebut adalah Aljami’ Almasjid AlAqsa sering disebut Masjid Qibli, yang dibangun pada masa Umar Bin Khatab. Sedangkan yang dimaksud dengan Masjidil Aqsa adalah keseluruhan area luas yang dikeliling tembok yang disebut Alharam Assyarief (Israel menyebutnya Temple Mount).

      Di dalam area Masjidil Aqsa teradapat beberapa situs penting:
      1. dibagian tengah ada kubah Batu/Kubah emas/Dome of Rock – didalamnya ada batu besar yang diyakini sebagai tempat bertolak Rasulullah naik ke langit 7.

      2. Masjid Qibli (aljami’ Almasjid AlAqsa) – sebuah masjid diujung selatan menjadi pusat ibadah umat Islam di Yerusalem.

      3. Mushola marwan – di sebelah timur Masjid Qibli ada area terbuka di mana bagian bawahnya adalah sebuah area ruangan luas yang dibangun khalifah Al Marwan.

      4. Alhaith Alburaq – Tembok di sebelah barat. dijadikan umat Yahudi sebagai tembok ratapan di bagian luarnya.

  2. syahidah said

    salam,ustaz…saya baru pertama kali mendengar tentang kenyataan ini, saya juga nak info n kenyataan n bukti2 yang kukuh tentang ini.wslm

  3. Alhamdulillah Allahuakbar, Allah Maha Besar tidak ada satupun makhluk dibumi ini yang dapat menghalangiNya. dan kebenaran akan tetap terlihat walaupun orang lain berusaha menutupi.

  4. deddy said

    assallamu’alaikum…. mas,ada ga foto2 yg menunjukkan bukti tentang kenabian yg lain.klo ada kirim ya… wasallam…

  5. Jazakallohu khoeron jaza atas foto2nya.
    Baitul Maqdis insya-Alloh akan menjadi pusat kekhilafahan Islam di akhir zaman yaitu pd saat tegaknya kembali Khilafah ‘ala minhajin-nubuwwah di bawah kepemimpinan Al-Mahdi. Disana pula (pd pintu Lud) Dajjal laknatulloh-Sang pemimpin Yahudi yg dipertuhankan akan dibunuh oleh Nabi Isa As. Serta batu & pohon2 akan berbicara untuk memberitahukan bahwa di balik mereka ada orang Yahudi yang akan dibunuh oleh umat Islam. Kecuali pohon ghargod yg tidak memberitahukan, karena dia adalah pohon orang Yahudi yg saat ini banyak ditanam oleh mereka. Semoga qt dpt menyaksikan kehancuran untuk kedua kalinya orang2 Yahudi, sebagaimana disebutkan dlm QS Al Isra, yg waktunya tdk akan lama lagi. Allohu Akbar !!!!

  6. M.ZAENURI said

    mari sama sama kita wujudkan kesatuan kaum muslimin di bawah satu pimpinan (khilafah). klik : http://www.jamaahmuslimin.com

  7. sarah hasan assegaf said

    udah bi, sarah udah bc artikelnya… bagggus banget. epi pas ngeliat situs abi dia takjub banget and heraaaaan…

  8. hanazahra said

    assalamualaikum
    izin untuk copas photo2nya …pak ustadz..
    jazakallahukhair..

  9. M. Faris Adzakir said

    Menyaksikan kebiadaban bani Israel yang sampai saat ini terus memborbardir saudara-saudara kita di Gaza, Palestina (semoga yg telah wafat, mnjd syahid, amin), kita menjadi teringat dengan Hadits berikut ini :

    Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. Bersabda, “Tidak akan datang hari kiamat sehingga kaum muslimin memerangi kaum Yahudi dan membunuh mereka. Sehingga, bersembunyilah orang-orang Yahudi di belakang batu atau kayu, kemudian batu atau kayu itu berkata, ‘Wahai orang muslim, wahai hamba Allah, ini ada orang Yahudi di belakang saya, kemarilah dan bunuhlah dia!’ Kecuali pohon Gharqad (yang tidak berbuat demikian) karena ia termasuk pohon Yahudi.” Imam Bukhari meriwayatkan dari Abdullah bin Umar bahwa Rasulullah saw. Bersabda, “Kalian akan diperangi oleh bangsa Yahudi. Lalu, kalian diberi kemenangan atas mereka, sampai-sampai batu pun akan berbicara, ‘Hai muslim, ini seorang Yahudi di balikku, bunuhlah ia!’”

    Dua hadits di atas merupakan gambaran tentang peperangan di akhir zaman yang akan menggilas seluruh kekuatan Yahudi dan negara Israel serta sekutu-sekutunya di seluruh dunia. Betapa hebatnya pertempuran itu, sampai-sampai batu dan kayu ikut berbicara menunjukkan tempat persembunyian Yahudi. Kitab mereka sendiri juga mengatakan hal tersebut.

    Bibel pasal Yehezkiel (7 : 15) berjudul Kesudahan Yerusalem menyebutkan, “Pedang ada di luar kota, sampar dan kelaparan ada di dalam. Barangsiapa (Yahudi) yang di luar kota akan mati karena pedang, dan barangsiapa (Yahudi) yang di dalam kota akan binasa oleh kelaparan dan sampar.”

    Hal ini dipertegas dalam Bibel kitab Yehezkiel pasal 6 ayat 11 – 14, “Beginilah firman Tuhan Allah, ‘Bertepuklah dan entakkanlah kakimu ke tanah dan serukanlah, ‘Awas!’ Oleh sebab segala perbuatan kaum Israel yang keji dan jahat, mereka akan rebah mati karena pedang, kelaparan, dan penyakit sampar. Yang jauh akan mati karena sampar, yang dekat akan rebah karena pedang, dan yang terluput serta terpelihara akan mati karena kelaparan. Demikianlah Aku akan melampiaskan amarah-Ku kepada mereka. Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan mereka dan tanahnya, di mana saja mereka diam akan Kubuat menjadi musnah dan sunyi sepi mulai dari padang gurun sampai Ribla’.”

    Peperangan Akhir Zaman ini sebagai Al-Malhamah al-Kubro, suatu huru-hara besar yang belum pernah ada tandingannya, yang merupakan arena penampakan Kuasa Allah untuk membungkam kesombongan orang-orang kafir.

    Pada episode akhir zaman nanti, Isa Putra Maryam akan turun untuk menghakimi orang Yahudi atau Israel, yaitu orang-orang Yahudi keturunan Samiri si penyembah sapi, serta semua yang menjadi pendukungnya (Rum/Romawi). Mereka bersama pendukung-pendukungnya akan berkumpulkan di gunung Magiddo (Armageddon). Di sinilah Dajjal si Pendusta Besar berperan dalam terwujudnya Pertempuran Akhir Zaman. Di tengah-tengah pertempuran itu, Allah kirimkan “Hantaman yang Keras” (al-Bathsyah al-Kubro) yang menghantam tepat bala tentara Rum dan Israel. Sehingga, mereka terbunuh dengan hebatnya. Puncak dari pertempuran itu, Allah menurunkan Isa Putra Maryam (Yesus) untuk membunuh Dajjal dan pengikutnya.

    Peperangan Armageddon ini mempunyai rentang waktu yang lama. Sehingga, menyeret semua negara ke dalam dua poros, yaitu poros kaum kafir yang dipimpin oleh Dajjal dan poros kaum muslimin yang dipimpim oleh Al-Mahdi. Di tengah-tengah berkecambuknya perang ini, turunlah pertolongan Allah kepada kaum muslimin yaitu dengan diturunkannya Isa Almasih Putra Maryam Perawan Suci. Isa akan turun di menara putih di timur Damaskus ketika menjelang fajar. Kemudian Isa masuk ke markas kaum muslimin dan ikut dalam barisan shalat subuh. Setelah itu ia bersama Al-Mahdi akan memimpin kaum muslimin menyerbu seluruh markas kaum kafir, bahkan berhasil membunuh Dajjal dan seluruh orang kafir.

  10. As Syakilla said

    assalamu’alaikum..
    aq cm mau ngucapin syukron katsir aja wa jazakumullah bwt photo masjidil Aqsa nya.
    setelah melihat gambar ini-jujur sj- aq sgt maluuu bgt. ternyata banyak hal yg Qketahui ttg benda2 bersejarah peninggalan nabi qt tercinta.
    bagaimana qt mau melindunginya dari org2 yg ingin menghancurakan islam -wa bil khusus “Bani Israel al Yahudi la’natullah”- jika melihatnya sj blm pernah??!

  11. M. Faris Adzakir said

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Abi, jazakallohu khoeron katsiro atas koreksian mengenai numenklatur Israel yang sesungguhnya adalah Yahudi.
    Abi, saya mau tanya berkenaan dengan HR. Bukhari & Muslim mengenai pohon ‘gharqad’, yg merupakan pohonnya orang Yahudi. Mohon kiranya abi dapat menanyangkan foto tanaman ‘gharqad’ tersebut, agar kita umat Islam dapat mengetahuinya.
    Terima kasih sebelumnya.

  12. M. Faris Adzakir said

    Jazakallohu khoeron katsiro atas koreksian abi mengenai numenklatur Israel yang sesungguhnya adalah Yahudi.
    Abi, saya mau tanya berkenaan dengan HR. Bukhari & Muslim mengenai pohon ‘gharqad’, yg merupakan pohonnya orang Yahudi. Mohon kiranya abi dapat menanyangkan foto tanaman ‘gharqad’ tersebut, agar kita umat Islam dapat mengetahuinya.
    Terima kasih sebelumnya.

  13. M. Faris Adzakir said

    Jazakallohu khoeron katsiro atas koreksian abi mengenai numenklatur Israel yang sesungguhnya adalah Yahudi.
    Abi, saya mau tanya berkenaan dengan HR. Bukhari & Muslim mengenai pohon ‘ghorqod’, yg merupakan pohonnya orang Yahudi. Mohon kiranya abi dapat menanyangkan foto tanaman ‘ghorqod’ tersebut, agar kita umat Islam dapat mengetahuinya.
    Terima kasih sebelumnya.

  14. Muhamma Faris A. said

    Jazakallohu khoeron katsiro atas koreksian abi mengenai numenklatur Israel yang sesungguhnya adalah Yahudi.
    Abi, saya mau tanya berkenaan dengan HR. Bukhari & Muslim mengenai pohon ‘ghorqod’, yg merupakan pohonnya orang Yahudi. Mohon kiranya abi dapat menanyangkan foto tanaman ‘ghorqod’ tersebut, agar kita umat Islam dapat mengetahuinya.
    Terima kasih sebelumnya.

  15. naufal said

    Asalamualaikum..sitenya sangat bermampaat bgt,sukses sll

  16. Hielmy A. Ghaisan said

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Abi, pengen tahu banget pohon ‘gharqad’ yang di dalam hadits disebutkan sebagai pohonnya orang Yahudi. Mohon bantuan abi untuk menampilkan foto berikut informasinya. Soalnya nyari-nyari di internet gak dapat aja.

    Terima kasih sebelumnya.

    Anda bisa lihat pohon itu di situs ini silahkan klik

    ♣ Pohon Yahudi.. Al-Gharqad

    Hasan Husen Assagaf

  17. Nuri Sakinah said

    Ass.wwb.
    Maaf mau nanya, foto di atas mengenai “Bukit dimana Rasulallah saw naik ke langit disaat Mi’raj berada di dalam masjid Al-Aqsha”. Bukannya batu dimaksud berada di dalam The Dome of the rock (Masjid Qubbah Al-Shakhra)?

    Sukron.

    Masjid Qubbah Al-Shakhra adalah masjid yang dibangun pada masa Umar bin Khattab ra, bukan masjid Al Aqsha adapun tempat Rasullah saw bermi’rah berada di masjid alAqsha.

    Terima kasih

    Terima kasih
    Hasan

  18. usman maru'dani said

    Alhamdulillah….
    Beruntunglah orang yang mau belajar dan mengajarkan kalam Allah….
    Kalimat Allah yang begitu luasnya…..
    tidak akan sanggup untuk menghitungnya meskipun seluruh air laut dijadikan tintanya dan seluruh ranting dijadikan pulpennya niscaya tidak akan mampu….

  19. Fenny said

    Assalamu’alaikum
    Alhamdulillah….
    boleh g aku loading ini di FB, sekedar bagi2 informasi dengan teman2 muslim yang lain.
    Insya Allah tetep tak cantumin darimana sumbernya.
    Terima Kasih
    Wassalam

  20. JH. Noegraha. said

    Assalamu’alaikum ustadz.
    Pertanyaan saya sama seperti Komentar No. 18.
    Hanya saja, katanya batu (bukit) tersebut sedikit terangkat (tergantung) hingga sekarang, yang menurut sejarah, itu terjadi karena dasyatnya peristiwa mi’rajnya “Sang Maharaja”.
    Adakah ustadz mempunyai gambar batu (side view) tersebut ?. Kalau ada alangkah senangnya saya bisa melihat fenomena tersebut.
    Wassalam.

  21. fajar said

    israel memang anjing2 dunia

  22. Saya sangat kagum dengan peninggalan sejarah
    yang berkaitan dengan Islam dan Rasulullah S.A.W. Allahuakbar.

  23. zacky said

    sangat mencerahkan……

  24. Dody Farm said

    Makasih ya’ atas infox…

  25. raichand said

    jika tidak ada masjid atau ka’bah kita tidak akan tau dimana arah kiblat

  26. ernawati said

    Subhanallah……sesungguhnya Engkau Maha mengetahui dan Maha sempurna,mereka kaum kafir setipu daya,utk menghilangkan,tanda2 kebesaran dan kebenaranMu,mereka juga menyakiti,menfitnah,menjalimi umat islam di Gaza dan Plestina,semoga mereka mendapat balasan dari AllahSWT,dengn perbuatannya dan kembali kejalan yg benar.

  27. Yulianto said

    Orang 2 yahudi dari dulu memang busuk, bersatulah umat islam seluruh dunia untuk melawan israel

  28. ini ifo penting buat kita,

  29. ahmad bon said

    subkhanalloh

  30. Hidupkan selalu agama islam….mari kita bersama2 mengucapkan Allah Akbar..

  31. like it

  32. hardian said

    jikalau orang yahudi demikian maka kita harus selalu berdoa agar masjid al aqsa yang sebenarnya tetap dijaga ALLAH. kami mendukung agar gambar2 tersebut sering ditampilkan agar umat islam tahu kebenarannya

  33. Tantien said

    mas, pintunya masjidil aqsa itu ada berapa seh??

  34. fafan said

    tidak masalah masjid al-aqsa dihancurkan,karena tongkatnya nabi musa sudah diambil oleh nabi Isa,mereka tak akan menemukan yang dicari.

  35. Nila said

    Izin copas ya…

  36. Oky Arief said

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Sungguh merinding setelah melihat fakta dan membaca komentar saudara2 sekalian.

    Smoga اللّهُ SWT slalu menyertai kaum muslimin di dunia…

    آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ

    Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

  37. yahya said

    subhaanalloh.. Saya ingin ke sana

  38. lukman hakim said

    mari kita senantiasa mendo’akan saudar saudra kita yang masih mengalami tindkan kekejaman orng kafir .dan mari kit tidak henti hentinya membca surah al kahfi gar kita terhindar dari fitnh dajjal

  39. bagaimana cara umat manusia di dunia ini dapat mengenali masjid Al-Aqsa dgn lbh jelas …terutamanya umat islam yang mengimpikan menjejakan kaki di masjid Al-Aqsa…subhanaallah bantulah…sesungguhnya itu lah hajat sy selama ini.. semoga Allah melindungi umat islam dari kekalutan yang di ganasi olh kaum Yahudi…

  40. […] dalam suatu kesempatan pernah saya baca di blog hasanalsaggaf.wordpress.com, al-khilafah.org, dan beberapa sumber lain bahwa gambar tersebut adalah kubah Al-Shakhra, bukan […]

  41. nurul kartina said

    info ini harus disebarkan.. izin share ya.. syukron

  42. Fahrudin said

    Alhamdulillah…

  43. subhanallah ,begitu jahatnya ya orang yahudi itu

  44. abu salim said

    moga ini jadi pencerahanbagi seua,sesungguhnya yang bathil pasti akan hancur

  45. […] ♣ Foto Masjid Al-Aqsha’ dan Qubbah Al-Shakhra’ […]

  46. Diaz putri rr. said

    askum,ustadz maaf boleh ngk lebih banyak lagi biar tau tentang isra’ mi’raj xa nabi muhammad & gambar masjidil aqsha sesudah di renovasi. waskum…….

  47. handoyo janbi said

    hidup adalah perjalanan dan dalam perjalanan tak cukup hanya dengan mata dan pikiran karna apa yang terlihat dan yang kita pelajari terkadang hanya tipuan dunia semata,oleh sebab itu jangan lupakan hati dan tetap jaga selalu dengan iman dan takwa agar dia tetap bersih untuk menuntun kita kepada kebenaran.memang selama ini dgn teroganisirnya kaum yahudi memutar balikkan fakta dan kita umat telah lalai dan kurang jeli dgn tipuan mereka

  48. ipan said

    aku ingin pergi ke sana ya allah .

  49. lily said

    Iya itu benar masjid al aqsha kubah nya yg hitam klo yg emas(mewah) itu rekayasa penjajah zionis yahudi utk mebgelabui umat islam yg masih awam dan masyarakat dunia supaya lupa dgn sejarah al aqsha yg sebenarnya…

  50. omthoni said

    bismillah …
    saya siap jadi relawan untuk melindungi masjid ini..tenaga dan segala kemampuan saya

  51. “MEREKA MEMBUAT TIPU DAYA PADAHAL SESUNGGUHNYA ALLAH SEBAIK-BAIK PEMBUAT TIPU DAYA”…..

  52. ROSNA DEWI said

    IJIN KAN AKU SEKELUARGA KESANA YA ALLAH

  53. Netty Arni, SH-Notaris said

    Tentunya keberadaan Kubah Emas Dome of The Rock yg melindungi ‘Batu Suci Putih As-Shakhrah’ yg menjadi ikon di kota suci Yerusalem tempatnya lebih tinggi daripada keberadaan Masjidil Aqsa yg berkubah hitam/abu-abu yg terbuat dari perunggu, ……..
    Perbandingannya kalau Kubah Shakhrah ada di puncak Bukit Moria, sedangkan Masjidil Aqsa ada di bawahnya atau halamannya, ……..
    Pada Juni 2013 alhamdulillah saya bisa melakukan perjalanan umrah plus Masjidil Aqsa sehingga dapat mengetahui persis keberadaan antara kedua tempat yg suci di lingkungan tempat suci Haram As-Syarief di Yerusalem tsb, ………
    Umat Islam tidak perlu khawatir tentang keberadaan Masjidil Aqsa karena tempat ini di dalam Kitab Wahyu telah dijamin keberadaannya karena ‘halaman’ ini (Masjidil Aqsa) diberikan kepada umat lain atau umat Islam, ………
    Sedangkan di puncak bukit Moria dimana ‘Batu Putih’/’Batu Sara’ berada adalah hampir sama dengan keberadaan ‘Hajar Aswad’ atau ‘Batu Hitam’ yg ada di Masjidil Haram Ka’bah Mekah yg menyimbolkan/melambangkan dari Ibu Hajar/Hagar yg berkulit hitam dari Mesir isteri Bapa Abraham/Nabi Ibrahim yg melahirkan Ismail, yg kesemua keluarga ini menjadi Ahlul Bait Allah di Masjidil Haram Ka’bah di Mekah, ……..
    Maka tentunya Ibu Sara isteri pertama yg berkulit putih dari Bapa Abraham yg melahirkan Ishak menjadi Ahlul Bait Allah di Yerusalem, …….. Subhanallah

  54. mukhamad said

    semoga pertolongan Allah segera datang untuk kaum muslimin, khususnya masjid Al-Aqsha. amiin

  55. Netty Arni, SH-Notaris said

    Alangkah baiknya kalau ketiga komunitas umat Tuhan (Yahudi – Kristen – Islam) yg diberkati dan dirahmati Allah ini, bersama-sama membangun dan mensucikan serta memuliakan ‘Tanah Terjanji’ Israel dan Palestina ini agar menjadi tanah yg diberkati dan dirahmati sehingga banyak orang yg dapat mengunjungi sebagaimana umat Islam mengunjungi Bait Suci Allah Masjidil Haram Ka’bah di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah yg sangat megah dan indah serta mendahsyatkan, ……… Dan semoga ‘Tanah Terjanji’ Israel dan Palestina ini dihilangkan/dijauhkan dari menjadi tanah yg dilaknati/dikutuki sehingga tetap menjadi ‘kota yg sepi’ karena tidak banyak orang-orang dari seluruh dunia yg ingin mengunjungi disebabkan kurang aman dan nyaman untuk dikunjungi, …….. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

  56. anne said

    P ustad gmn caraa menjadi relawan di mesjid al-aqsa? Mohon info pa ustad. Jazakillah khoir

  57. Ezedyn al aqsa said

    Nama aku di ambil dari masjidil al aqsa mosque bukan the dome of the rock dan ezedyn nya berasal dari nama pahlawan palestina yang orang tuanya di bunuh israel , berarti bukan niru nama yaaahh

  58. Netty Arni, SH-Notaris said

    Maka bukalah, ……. bukalah,…….. bukalah ‘Pintu Gerbang Rahmat’ atau ‘Pintu Gerbang Emas’ di Yerusalem yg tertutup rapat hingga saat ini, ……. supaya rahmat-Nya dan berkat-Nya bisa mengalir ke negeri-negeri di Timur Tengah yg dilanda kekeringan/kepanasan/kekerasan/peperangan/teror/horro/error yg dilakukan isis dan jaringan/kelompok teroris/radikal lainnya yg kesukaannya membuat kerusakan/keonaran/kemusnahan di muka bumi ini, ……..
    Marilah kita memohon ampun dan bertobat kepada-Nya serta mengharap belas kasih-Nya dan karunia-Nya yg berupa rahmat dan berkat-Nya agar meliputi kita sehingga shekinah mawaddah warohmah atau ketenangan kedamaian kesejahteraan menyertai kita semuanya, …….. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

Tinggalkan komentar